Wakil Bupati Pringsewu hadiri apel pagi di lingkungan Puskesmas Gadingrejo

id pringsewu,dbd pringsewu

Wakil Bupati Pringsewu hadiri apel pagi di lingkungan Puskesmas Gadingrejo

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri apel pagi di lingkungan Puskesmas Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin (1/2/2021). ANTARA/HO

Masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman DBD

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menghadiri apel pagi di lingkungan Puskesmas Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin.

Pada apel ini turut hadir mendampingi Wabup, Camat Gadingrejo, Humas Protokol Kabupaten Pringsewu, KUPT Puskesmas Gadingrejo, Babinsa Kabupaten Pringsewu, Babinkamtibmas Kabupaten Pringsewu, dan seluruh ASN yang bertugas di Puskesmas Gadingrejo

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi berpesan agar seluruh puskesmas siaga dalam menghadapi penyebaran wabah demam berdarah dengue (DBD) di saat pandemi COVID-19 di Kabupaten Pringsewu ini.

“Dalam hal ini ternyata nyamuk juga menyerang dan mengancam masyarakat. Masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman DBD selama musim penghujan. Sebab, genangan air dapat menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak. Selain pengasapan, tindakan masyarakat harus juga diimbangi dengan menjaga kebersihan, untuk mencegah adanya jentik-jentik nyamuk,” kata Fauzi pula.

Fauzi juga meminta agar masing-masing puskesmas untuk mengajak masyarakat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan dan menanam pohon sirih di rumah dan di lingkungan puskesmas ini.

"Semua harus mau bersama-sama bergotong royong dan menanam pohon sirih untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk DBD," ujar Fauzi pula.

Wabup Pringsewu itu juga mengimbau agar seluruh masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Selain memberikan kenyamanan, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting guna mencegah berbagai macam penyakit seperti DBD ini. "Pastikan tidak ada tempat untuk nyamuk hinggap, seperti tumpukan baju serta tempat-tempat yang kotor dan gelap," katanya pula.

Wabup juga menekankan agar masyarakat senantiasa melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan tindakan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup serta mencegah wabah penyakit DBD di Kabupaten Pringsewu.

Selesai memimpin apel di lingkungan Puskesmas Gadingrejo, Wabup Pringsewu melakukan peninjauan ke UPT Puskesmas Gadingrejo.
Baca juga: Wabup Pringsewu semua pihak waspadai pandemi COVID-19 dan DBD
Baca juga: Wabup Pringsewu lakukan sosialisasi pencegahan persebaran COVID-19 dan DBD di Kecamatan