Pengembangan wisata religius di Sumsel dapat dukungan dari politkus

id pengembangan wisata religi di susmel, pkb susmel dukung pengembangan wisata religi, wisata religi, pengembangan wisata

Pengembangan wisata religius di Sumsel dapat dukungan dari politkus

Politikus Sumsel Ramlan Holdan (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Politikus Sumsel yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Selatan, Ramlan Holdan mendukung pengembangan wisata religius karena provinsi setempat memiliki potensi yang cukup besar namun belum dimanfaatkan dengan baik.

"Provinsi ini memiliki potensi wisata religi yang cukup besar karena terdapat sejumlah makam tokoh ulama legendaris, makam raja, kawasan pemujaan, dan keagamaan Kerajaan Sriwijaya, dan kegiatan keagamaan masa Kesultanan Palembang," kata Ramlan seusai ziarah ke sejumlah makam tokoh dan ulama legendaris pada peringatan Harlah NU ke-95 dan syukuran DPW PKB Sumsel di Palembang, Minggu.

Sebagai gambaran makam ulama legendaris Masagus H.Abdul Hamid (Ki Marogan) seorang ulama Palembang yang sangat terkenal dan usahawan sukses pada tahun 1310 H atau 1890 masehi, memiliki daya tarik yang cukup besar terbukti setiap hari banyak dikunjungi masyarakat dan wisatawan dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Makam yang terletak di kawasan masjid Kiai Muara Ogan atau Masjid Ki Marogan yang merupakan salah satu masjid tertua yang terletak di kawasan Kertapati Palembang, dengan sedikit sentuhan penataan bisa menjadi salah satu objek wisata religius andalan.

Untuk mendukung pengembangan wisata religius, pihaknya siap membantu memperjuangkan pengalokasian anggaran di DPRD Sumsel dan kabupaten/kota yang akan mengembangkan wisata religius, ujar Ramlan.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya mengembangkan potensi wisata religius yang ada di Kota Palembang dan sejumlah daerah lainnya.

"Provinsi ini memiliki banyak potensi wisata religius yang jika dikembangkan atau dikemas dengan baik bisa meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke daerah ini," ujarnya.

Wisata religius yang dikembangkan di Kota Palembang sekarang ini seperti Al-Quran Akbar, Kampung Almunawar, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Kawah Tengkurep serta beberapa objek wisata makam dan masjid legendaris lainnya.

Kemudian Bukit Seguntang merupakan salah satu kawasan pemujaan dan keagamaan Kerajaan Sriwijaya yang terdapat beberapa makam tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya.

Tempat wisata tersebut, sebelum ada wabah COVID-19, setiap hari dikunjungi ratusan wisatawan dari berbagai daerah bahkan ada yang dari luar negeri, kata Aufa.