BNI gulirkan transformasi 2021

id bank bni, BNI, transformasi bni

BNI gulirkan transformasi 2021

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (kiri) didampingi Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati memberikan pemaparan saat Public Expose BNI tahun 2020 di Jakarta, Jumat (29/1/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI akan memperkuat fundamental dan menggulirkan transformasi bisnis agar bank BUMN ini tetap tumbuh berkelanjutan menyambut tahun 2021.

“Kami optimis kinerja BNI 2021 akan lebih baik dari 2020,” kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam jumpa pers virtual pemaparan kinerja 2020 di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, BNI berinisiatif melakukan transformasi yang digulirkan Januari 2021 untuk mengakselerasi peningkatan kinerja keuangan secara berkelanjutan dan menyempurnakan rencana jangka panjang.

Adapun program transformasi itu, kata dia, berbasiskan nilai BNI RACE yakni kepanjangan dari Risk, Culture, Agile, Collaboration dan Execution Oriented.

Ia berharap nilai tersebut diimplementasikan sehingga perseroan mampu bersaing dengan kompetitor dan bersiap melaju lebih kencang.

Sejumlah langkah akan dilakukan pada tahun ini, di antaranya perbaikan manajemen risiko dan tata kelola untuk meningkatkan kualitas aset, mencetak ahli di sektor industri, dan memberikan solusi lebih terintegrasi serta meninjau kembali segmentasi nasabah.

Bank BUMN ini, kata dia, akan fokus pada top tier korporasi internasional, bisnis komersial dan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada rantai nilai nasabah korporasi dan ekosistem.

Kemudian bisnis konsumer akan diperkuat dengan digitalisasi, mengoptimalkan rantai nilai terutama nasabah utama, termasuk meningkatkan dana murah (CASA) dan meningkatkan kontribusi perusahaan anak.

Salah satu rencana yang kini sedang dimatangkan adalah mendirikan kantor BNI Sekuritas di Singapura yang diharapkan melengkapi kebutuhan nasabah korporasi.

“Kami memang fokus untuk memperkuat fundamental perusahaan antara lain penajaman strategi melalui program yang sudah kick off Januari ini yakni transformasi bisnis baru yang kami yakin memastikan perseroan mampu tumbuh berkelanjutan,” katanya.