Tahun 2021, target kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon 800.000 orang

id Wisata Cirebon

Tahun 2021, target kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon 800.000 orang

Dokumentasi. Pengunjung mengamati Kereta Singabarong yang dipajang di Museum Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).

Di tahun 2021 ini, kami targetkan 700 ribu sampai 800 ribu wisatawan
Cirebon (ANTARA) - Target kunjungan wisatawan pada tahun 2021 di Kota Cirebon, Jawa Barat sebanyak 800.000 orang karena masih masa pandemi COVID-19, kata Pejabat Dinas Pariwisata setempat.

"Di tahun 2021 ini, kami targetkan 700 ribu sampai 800 ribu wisatawan," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Wandi Sofyan di Cirebon, Senin.

Wandi mengatakan target tersebut didasari dari realisasi kunjungan wisatawan pada tahun 2020 yang hanya 600 ribu orang saja.

Selain itu semua destinasi wisata di Kota Cirebon, pada masa pandemi hanya dibuka maksimal 50 persen dari kapasitas yang tersedia, sehingga target tersebut dirasa wajar untuk saat ini.

"Target kita realistis apalagi saat ini semua sektor wisata juga dibatasi," tuturnya.

Menurutnya adanya program imunisasi COVID-19 diharapkan bisa kembali memulihkan sektor pariwisata di Kota Cirebon, meskipun tidak seperti waktu normal, namun diharapkan bisa mendongkrak lebih besar lagi.

Dia memastikan semua destinasi wisata di Kota Cirebon, juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar wisatawan bisa merasa aman dan nyaman ketika berkunjung.

Pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada semua pelaku pariwisata agar dapat melayani wisatawan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami meyakinkan kepada pengunjung bahwa kita siap melayani mereka meskipun di tengah pandemi," katanya.
Baca juga: Pemkot Cirebon buka wisata religi berkeliling masjid kuno
Baca juga: Keraton Kasepuhan Cirebon kembali dibuka buat umum mulai Sabtu