BMKG Lampung ingatkan masyarakat pesisir waspadai fenomena angin kencang

id angin kencang, puting beliung, bmkg Lampung, pesisir

BMKG Lampung ingatkan masyarakat pesisir waspadai fenomena angin kencang

Angin kencang akibatkan pohon tumbang (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -

Kasi Data dan Informasi BMKG Radin Intan II Lampung, Rudi Hariyanto, Jumat, mengatakan, pola kecepatan angin beberapa hari ini di Provinsi Lampung mengalami peningkatan, secara global dipengaruhi oleh siklon tropis Joshua di Samudera Hindia dan badai tropis Jimmy di utara Australia.

"Adanya daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia di sebelah Selatan Jawa ditambah lagi fenomena Madden Julian Oscillation sedang aktif saat ini yang mempengaruhi kecepatan angin di wilayah Indonesia termasuk Lampung," ujarnya.

Rudi menjelaskan kecepatan angin berdasarkan pengamatan masih batas normal, tetapi pada saat tertentu seperti akan turun hujan kecepatan angin akan lebih tinggi dari biasanya karena adanya awan cumulonimbus yang membawa embusan angin dan hujan.

Menurut dia daerah pesisir di Provinsi Lampung seperti Pesisir Barat, Tanggamus termasuk juga Bandarlampung dan Lampung Selatan yang paling berpengaruh dengan adanya angin kencang tersebut, karena sirkulasi udara yang berasal dari Samudera Hindia masuk ke Lampung melalui arah barat dan utara.

"Kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga dua hari ke depan," ujar Rudi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Radin Intan II Lampung itu menambahkan, angin kencang dan curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat harus diwaspadai oleh masyarakat karena dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi di wilayah rawan bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor.