RSUDAM mulai vaksinasi 1.389 tenaga kesehatan

id Corona Lampung, COVID Lampung, Vaksin lampung

RSUDAM mulai vaksinasi 1.389 tenaga kesehatan

Ilustrasi- Vaksinator tengah mengukur dosis vaksin. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi 1.389 tenaga kesehatan yang bekerja di lingkungan rumah sakit milik pemerintah Provinsi Lampung.

"Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM)," ujar Wakil Direktur Keperawatan, Pelayanan dan Penunjang Medik RSUDAM Mars Dwi Tjahjo, saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di hari pertama tercatat kurang lebih telah ada 40 orang tenaga kesehatan yang dilakukan vaksinasi.

"Dalam kegiatan vaksinasi tidak ada kendala, semua lancar kurang lebih ada 40 tenaga kesehatan yang divaksinasi hari ini," ujarnya.

Menurutnya, total jumlah tenaga kesehatan yang akan melaksanakan vaksinasi ada 1.389 orang dan semua telah terdaftar dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan (SI SDMK) dan bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes).

"Vaksinasi dilaksanakan di Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ), sebelum pelaksanan dilakukan  proses penapisan terlebih dahulu dengan memberikan 16 pertanyaan untuk mengetahui layak tidak menerima vaksin," katanya.

Ia menjelaskan setelah melaksanakan vaksinasi tenaga kesehatan akan diobservasi selama 30 menit untuk memantau kondisi paska imunisasi.

"Vaksinasi akan dilaksanakan dua kali bagi tenaga kesehatan yang telah mendapatkan kartu vaksinasi 14 hari ke depan akan dilakukan vaksinasi lanjutan," katanya lagi.