Bupati Pesisir Barat imbau warga waspada cuaca ekstream

id lampung, pesisir barat

Bupati Pesisir Barat imbau warga waspada cuaca ekstream

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal (Antaralampung/Doc Pemkab Pesisir Barat)

Nelayan harus lebih hati-hati saat melaut mencari ikan, perhatikan gelombang dan pasang surut air laut. Bila dirasa gelombang sudah mulai tinggi sebaiknya segera kembali ke daratan agar lebih aman, tambahnya

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat, Lampung, Agus Istiqlal meminta warganya untuk mewaspadai terjadinya hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Saya mengimbau kepada pengendara untuk menghindari pohon-pohon besar saat melintas saat hujan lebat serta angin kencang, karena rawan terjadinya longsor dan pohon tumbang," kata Bupati, di Pesisir Barat, Senin.

Ia mengatakan, curah hujan dan angin kencang yang masih terjadi sampai beberapa bulan ke depan harus menjadi perhatian bersama, baik dari pemerintah kabupaten sampai pemerintahan desa.

“Kita harus bisa memperhatikan bersama tentang kondisi wilayahnya masing-masing, karena camat dan kepala desa yang paham dengan kondisi wilayahnya masing-masing," katanya.

Agus menjelaskan, kepada seluruh warga dan pengguna jalan tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di lokasi yang rawan longsor, dan pohon tumbang, karena bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

“Seluruhnya patut waspada jangan sampai lengah. Yang pasti bila terjadi bencana segera laporkan ke pemkab khususnya BPBD setempat agar mendapatkan tindakan pertolongan dari petugas," jelasnya.

Bukan hanya pengendara, tetapi para nelayan yang hendak melaut juga harus lebih ekstra hati-hati, karena kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Nelayan harus lebih hati-hati saat melaut mencari ikan, perhatikan gelombang dan pasang surut air laut. Bila dirasa gelombang sudah mulai tinggi sebaiknya segera kembali ke daratan agar lebih aman,” tambahnya.