Antisipasi bencana alam, BPBD Lampung Barat kirimkan surat ke seluruh camat

id lampung, lampung barat, lambar c

Antisipasi bencana alam, BPBD Lampung Barat kirimkan surat ke seluruh camat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Maidar (Antara Lampung/HO/Pemkab Lampung Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Maidar mengatakan bahwa pihaknya dalam menghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi hingga Maret 2021, telah mengirimkan surat kepada seluruh camat yang ada di kabupaten setempat untuk mengantisipasi terjadi bencana.

“Kami sudah mengirim surat kepada seluruh camat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat menyikapi prediksi dari BMKG terkait dengan telah memasukinya musim hujan,” katanya di Lampung Barat, Senin.

Menurutnya, pihaknya juga telah meminta camat untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk memastikan kesiapan dari satuan tugas penanggulangan bencana pekon yang telah dibentuk.

”Untuk kami di BPBD sendiri sudah siaga, baik sarana dan prasarana pendukung, seperti perahu, mesin chainsaw maupun peralatan pendukung lainnya sudah siap, begitu juga dengan personel juga sudah siap untuk diturunkan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam,” katanya

Selanjutnya, koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) terkait dengan alat berat juga sudah dilakukan.
 
”Begitu juga dengan pihak-pihak lainnya, koordinasi terus kami tingkatkan dalam rangka menghadapi curah hujan yang terus meningkat," katanya.