Menag puji kerukunan agama di Lampung

id Menag,Lampung,Kerukunan Agama,Mentri Agama

Menag puji kerukunan agama di Lampung

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat dimintai keterangan. Kamis. (14/1/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
 
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qouman memuji kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung sebab tidak ada persoalan antarumat beragama dalam memegang keyakinannya masing-masing.
 
"Di sini semua agama Islam, Kristiani, Hindu, Budha dan lainnya bisa beribadah dengan sesuai dengan keyakinannya masing-masing, tanpa ada gangguan," kata Menag, saat memberikan sambutan di Kanwil Kemenag Lampung, Kamis.
 
Ia mengatakan bahwa Lampung ini merupakan cerminan Indonesia yang memiliki suku, agama dan budaya yang berbeda-beda namun saling menguatkan dalam perbedaan.
 
"Saya di beberapa kesempatan mengatakan bahwa Indonesia ini kuat dan besar karena perbedaan," kata dia.
 
Sehingga, Menag pun meminta kepada semua masyarakat dapat merawat persatuan dan kesatuan negara Indonesia dalam perbedaan yang ada sehingga bangsa ini menjadi kuat lagi ke depannya.
 
"Jadi kalau di tempat lain perbedaan menjadi sumber perpecahan, tapi di Indonesia dengan banyak pulau, agama, suku, bahasa yang berbeda-beda kita tetap aman tidak ada ancaman yang bersumber dengan perbedaan," kata dia.
 
Oleh sebab itu, Menag pun mengatakan dalam konteks semangat kemerdekaan dan meneruskan Undang-Undang (UU), semua Warga Negara Indonesia harus memiliki hak dan kewajiban dalam mendapatkan pelayanan keagamaan.
 
"Sehingga dalam masa bakti saya sebagai menteri, Kantor Kementerian Agama yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota hingga Kantor Urusan Agama dapat melayani semua keyakinan tidak hanya Islam saja. Karena saya menyadari betul bahwa kementerian agama ini milik semua agama sebab negara ini merdeka juga berkat perjuangan dari seluruh agama bukan umat Muslim saja," kata dia.