Bandarlampung segera miliki sentra Tapis

id Bandarlampung,Pemkot,Perindustrian

Bandarlampung segera miliki sentra Tapis

Seorang perajin tapis di Lampung sedang mengerjakan kain tapis. Rabu. (13/1/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Tahun ini kita mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp5,3 Miliar, yang peruntukannya untuk pembangunan sentra tapis
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung sedang merencanakan pembangunan gedung yang akan dipakai sebagai sentra tapis guna menunjang pelaku industri kecil menengah (IKM) kain tapis di kota setempat.

"Tahun ini kita mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp5,3 Miliar, yang peruntukannya untuk pembangunan sentra tapis," kata Kepala Dinas Perindustrian Bandarlampung Herlywati, di Bandarlampung,  Rabu.

Ia mengatakan bahwa dari DAK Rp5,3 miliar tersebut, Rp5 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan gedungnya dan Rp300 juta dipergunakan untuk keperluan produksi tapisnya.

"Rencana kita, sentra tapis ini akan dibuat di Kecamatan Kemiling dekat dengan Stadion Mini Kalpataru yang sedang dibangun juga," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa saat ini pembangunan sentra tapis yang berasal dari DAK tersebut sudah berjalan dan sedang dalam proses lelang proyek.

"Persetujuan untuk pembangunan sentra tapis ini sudah kita dapatkan, Januari dan Februari ini sudah mulai lelang proyek dan tinggal dijalankan saja," kata dia.

Ia mengatakan bahwa setelah gedung itu berdiri, hanya 15 IKM tapis binaan Dinas Perindustrian saja yang akan melakukan produksi tapis di sana.

"Jadi gedung itu kalau sudah jadi dari produksi kain hingga pameran atau fashion show akan ada di sentra tapis tersebut, tapi bangunan ini hanya diperuntukan bagi 15 IKM saja," kata dia.