Dinkes Lampung distribusikan vaksin COVID-19 ke tiga kabupaten/kota

id COVID-19,Vaksin,Dinkes,Sinovac,vaksinasi di Lampung

Dinkes Lampung distribusikan vaksin COVID-19 ke tiga kabupaten/kota

Petugas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung sedang memindahkan vaksin COVID-19 dari ruang pendingin ke mobil untuk didistribusikan ke tiga Kabupaten/Kota, Selasa. (12/1/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke tiga daerah yakni Kota Bandarlampung, Metro dan Kabupaten Lampung Selatan untuk tahap pertama usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin darurat.

"Jadi sesuai perintah Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kita tidak langsung serentak mendistribusikan vaksin ke-15 kabupaten/kota, tapi di tahap pertama ini hanya tiga daerah dahulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyebutkan bahwa pada tahap pertama ini vaksin yang disalurkan ke tiga kabupaten/kota itu yakni sebanyak 14.497 dengan rincian Kota Bandarlampung mendapatkan 9.624, Metro 2.587 dan Kabupaten Lampung Selatan 2.286.

"Jadi setelah 3 kabupaten/kota ini mendapatkan vaksin kemudian 12 daerah laginya kita menunggu informasikan dari Kemenkes," kata dia.

Kadinkes itu menyebutkan bahwa terpilihnya tiga kabupaten/kota tersebut sebagai daerah pertama yang didistribusikan vaksin COVID-19 karena ada perhitungan khusus dalam penyuntikan vaksin pertama.

"Jadi nanti setelah 14 hari suntikan pertama vaksin ini, akan ada penyuntikan ke dua, jadi bukan vaksin yang ada di ruang pendingin itu kita langsung salurkan dan habiskan sekaligus ke kabupaten/kota," kata dia.

Hal tersebut, lanjut dia, guna menghindari terputusnya vaksin COVID-19 yang tersedia sehingga pada penyuntikan ke dua setelah 14 hari vaksin masih dapat mencukupi.

"Jadi jangan sampai vaksin ini terputus sehingga sudah ada yang dua minggu tidak disuntikkan kembali," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa penyuntikan pertama akan vaksin COVID-19 di Provinsi Lampung dilaksanakan pada Kamis (14/1).

"Kalau di Provinsi penyuntikan vaksin akan dibuka  Kamis (14/1) dan untuk kabupaten/kota itu pada Jumat (15/1) saya harap semuanya sudah siap saat pelaksanaan," kata dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar