Sembilan dokter di Kota Makassar gugur terpapar COVID-19

id IDI Makassar, Ikatan Dokter Indonesia, ketua IDI Makassar, Dr Siswanto Wahab, sembilan dokter gugur, terpapar COVID-19

Sembilan dokter di Kota Makassar gugur terpapar COVID-19

Ketua IDI Makassar, Dr Siswanto Wahab. FOTO/HO/instagram @idimakassar

Makassar (ANTARA) - Organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar melansir tercatat sudah ada sembilan dokter yang gugur dalam menjalankan tugas selama masa pandemi karena terpapar Coronavirus Disease (COVID-19).

"Keluarga besar IDI Kota Makassar kembali berduka, tiga dokter anggota IDI Makassar meninggal sebagai pahlawan kemanusiaan COVID-19," tutur Ketua IDI Makassar, Dr Siswanto Wahab di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Tiga dokter tersebut masing-masing, Dr Leonard Hasudungan, Dr Robert Vincentius Philips, dan Dr Nasriyadi Nasir. Ketiga dokter ini menambah deretan dokter anggota IDI Makassar yang gugur berjumlah sembilan orang.

Selain ada sembilan dokter di Makassar yang wafat terinfeksi virus di tengah menjalankan tugas, Siswanto juga menyebut, berdasarkan data yang dihimpun Tim Mitigasi PB IDI, tercatat sejak masa pandemi Maret-Desember 2020, tercatat 237 dokter meninggal dunia, gugur sebagai pahlawan kemanusiaan COVID-19.

"Gugurnya para rekan sejawat ini, semoga bisa menyadarkan masyarakat Makassar bahwa jangan anggap remeh pandemi COVID-19, dimana saat ini tingkat penyebarannya lebih masif akibat klaster keluarga, klaster perkantoran dan di perparah klaster Pilkada dari awal penyebaran virus Corona," ungkap dia.

Untuk itu IDI Kota Makassar menghimbau agar tetap waspada serta disiplin pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Sebab, Kota Makassar kini masuk lagi zona merah sehingga kebijakan pelonggaran aktifitas bisnis, kantor, sosial dan pendidikan perlu di ketatkan kembali.