Sidoarjo menambah fasilitas bus untuk wisata Tlocor

id Sidoarjo, wisata Telocor, Bus Pariwisata

Sidoarjo menambah fasilitas bus untuk wisata Tlocor

Simbolis penyerahan bus pariwisata milik Pemkab Sidoarjo untuk menunjang wisata Telocor (Antara Jatim/Pemkab Sidoarjo/IS)

Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menambah fasilitas berupa satu unit bus yang bisa digunakan masyarakat untuk menuju wisata Tlocor di Jabon Sidoarjo.
 
Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono, Rabu, mengatakan dengan penambahan bus itu bisa memudahkan masyarakat yang akan menuju ke lokasi wisata tersebut, mengingat jarak dari Kota Sidoarjo ke lokasi wisata itu lebih dari 20 kilometer.
 
 
"Kemajuan pariwisata menjadi salah satu pekerjaan rumah karena destinasi wisata di Sidoarjo cukup banyak, yakni sekitar 94 destinasi wisata yang layak untuk dikembangkan," katanya di sela peresmian sarana wisata di Kabupaten Sidoarjo.
 
Ia mengatakan keberadaan bus seperti ini akan membantu menyosialisasikan tempat wisata di Sidoarjo kepada masyarakat luas.
 
"Masyarakat dapat memanfaatkan bus sebagai alat transportasi ke tempat wisata di Sidoarjo yang ingin dikunjungi. Ini menguatkan sarana prasarana pariwisata," ujarnya.
 
Ia mengakui perkembangan pariwisata di Kabupaten Sidoarjo sudah bagus, tetapi masih perlu terus dikembangkan.
 
Hudiyono mengaku senang masyarakat ikut andil dalam mengembangkan pariwisata, seperti keberadaan kelompok sadar wisata.
 
"Kami berharap sektor pariwisata dapat menjadi penyumbang PAD bagi Kabupaten Sidoarjo, selain dari sektor industri dan UMKM. Sinergi antara pemerintah dengan pokdarwis maupun tokoh masyarakat yang peduli dalam pengembangan perlu dilakukan," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan hampir semua kegiatan telah dilaksanakan Disporapar Sidoarjo.
 
"Melalui anggaran DID tahun 2020, kami membeli satu bus mini yang akan dipakai untuk city tour secara gratis," katanya.
 
Menurut dia, bus akan beroperasi berkeliling ke tempat wisata yang telah ditentukan pada hari Selasa, Rabu, Sabtu dan Minggu. Hari Selasa dan Rabu dikhususkan bagi pelajar, sedangkan Sabtu dan Minggu bagi masyarakat umum.
 
 
Djoko mengatakan pihaknya melakukan pembelian satu unit perahu penyelamat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan di wisata bahari Tlocor."Kami siapkan satu perahu untuk mendukung wisata bahari Tlocor,"ucapnya.

Tlocor merupakan dermaga yang ada di muara Sungai Porong. Dari dermaga ini wisatawan bisa menggunakan perahu menuju Pulau Lusi yang dibuat dari endapan luapan lumpur Lapindo.