Sebelum resmi beroperasi jembatan Musi VI diuji beban

id jembatan musi vi,uji beban jembatan musi vi,jembatan musi

Sebelum resmi beroperasi jembatan Musi VI diuji beban

Puluhan truk berada di atas Jembatan Musi VI untuk melakukan uji beban di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/12/2020). Sebanyak 24 mobil truk yang bermuatan pasir basah berada di atas Jembatan Musi VI untuk melakukan uji beban dengan total beban sebesar 960 ton. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Sebelum resmi beroperasi dan untuk memastikan kelayakan,  jembatan Musi VI, Palembang, diuji beban dengan menggunakan 24 unit dump truck, Selasa, oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Darma Budhy mengatakan sejak pagi puluhan unit dump truck tersebut diparkir di Jembatan Musi VI.

"Polanya melakukan pembebanan menggunakan dump truck sebanyak 24 unit. Dengan berat tiap truk 40 ton. Nanti akan terlihat, apakah ada pergeseran atau tidak menggunakan alat yang sudah terhubung ke komputer,” kata dia.

Ia mengatakan hasil dari uji beban ini akan diperoleh dalam dua pekan ke depan, yang berupa dikeluarkannya sertifikat laik fungsi.

“Namun sembari menunggu, pada 30 Desember 2020 akan diresmikan,” kata dia.

Peresmiannya akan dilakukan di malam hari yakni sekitar pukul 19.30 WIB, agar terlihat keindahan jembatan ini yang sudah dipasang lampu warna-warni.

Pembangunan Jembatan Musi VI mulai dilakukan 2017 dengan target selesai pada 2018, saat Kota Palembang menghelat Asian Games dengan dana Rp500 miliar.

Namun, proyek ini terkendala dana dan pembebasan lahan sehingga molor dari target.

Jembatan ini diharapkan menjadi jalan alternatif untuk menghubungkan kawasan seberang hulu dan dan seberang hilir Kota Palembang.

Sementara ini, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu baru memiliki tiga jembatan yakni Jembatan Ampera, Jembatan Musi II dan Duplikat Jembatan Musi II, dan Jembatan Musi IV.