Lampung Barat urutan ke-6 kabupaten terinovatif versi Kemendagri

id lampung barat

Lampung Barat urutan ke-6 kabupaten terinovatif versi Kemendagri

Dokumentasi. Salah seorang petani kopi asal Lampung Barat tengah melakukan panen kopi di masa pandemi COVID-19. (ANTARA/HO)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan kabupaten terinovatif dalam kegiatan Innovative Government Award (IGA) 2020, di Jakarta, Jumat (18/12) malam dan Kabupaten Lampung Barat masuk urutan ke enam.

Urutan pertama kabupaten terinovatif yakni Situbondo, disusul Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Bogor, kemudian daftar kabupaten terinovatif urutan keempat hingga ke-10 yaitu Banyuwangi, Temanggung, Lampung Barat, Musi Rawas, Hulu Sungai Selatan, Malang, dan Sumenep.

Sementara, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, kegiatan ini, merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara yang inovatif.

Menurutnya, kegiatan IGA diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan penilaian dan pemberian penghargaan atas inovasi daerah.

Pasalnya, dalam ketentuan ketentuan tersebut dijelaskan bawah pemerintah daerah (pemda) harus melakukan inovasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerahnya.

"Kemudian, pemerintah pusat akan melakukan penilaian dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah," kata Tito saat memberikan sambutan.

Ia menyebutkan, melalui penilaian dan penghargaan IGA, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi daerah di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

"Saya berharap, pemerintah daerah selalu terampil dalam mengharmonisasikan bauran antara garis kebijakan pemerintah pusat, dengan inisiatif daerah. Dengan demikian, efek dari inisiatif daerah, akan selalu selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat," tuturnya.