Garut siapkan Rp1 miliar untuk pengembangan wisata air Sirahna

id Pemkab Garut, wisata, pariwisata, Garut, Sirahna, Bupati Garut

Garut siapkan Rp1 miliar untuk pengembangan wisata air Sirahna

Bupati Garut Rudy Gunawan (kanan) meninjau langsung potensi wisata mata air Sirahna di Kampung Corenda, Desa Margaluyu, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (14/12/2020). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan anggaran Rp1 miliar untuk membantu pengembangan destinasi wisata mata air Sirahna di Kecamatan Leles karena memiliki potensi menjadi wisata unggulan yang akhirnya memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

"Kami akan memperkuat minimal Rp1 miliar dari Pemda Garut 2022," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat meninjau langsung sumber mata air Sirahna di Kampung Corenda, Desa Margaluyu, Kecamatan Leles, Garut, Senin.

Ia menuturkan Pemkab Garut terus berupaya mengembangkan potensi wisata di desa agar menjadi destinasi wisata baru yang dapat memberikan manfaat dalam menumbuhkan perekonomian warga.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri, kata Bupati, salah satunya wisata mata air Sirahna yang saat ini hanya dijadikan kolam renang atau belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat.

"Mata airnya belum dimanfaatkan untuk minum, tapi dimanfaatkan untuk wisata kolam renang dan yang lainnya," kata Bupati.

Ia berharap setelah adanya pengembangan oleh pemerintah daerah maka objek wisata itu bisa menjadi destinasi wisata air unggulan di Kabupaten Garut.

Menurut dia objek wisata di desa itu masih banyak yang perlu dikembangkan karena adanya tumbuh-tumbuhan yang dapat menambah daya tarik bagi wisatawan.

"Di sini kan khasnya adalah bakau, alpukat dan beberapa tumbuhan lain," katanya.