Rekapitulasi suara tingkat kabupaten ditetapkan, pasangan Dawam-Azwar unggul

id Lampung Timur, KPU Lampung Timur, Pilkada Lampung Timur 2020

Rekapitulasi suara tingkat kabupaten ditetapkan, pasangan Dawam-Azwar unggul

Pasangan Calon Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo-Azwar Hadi naik dokar bersama pendukungnya saat mendaftar di KPU. Foto Arsip Antara/Muklasin.

Lampung Timur (ANTARA) - Pasangan nomor urut 3 Dawam Raharjo-Azwar Hadi unggul dengan memperoleh 210.606 suara berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur 2020.

Keputusan KPU Lampung Timur nomor 1084/PL.02.6.-Kpt/1807/KPU-KAB/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur 2020, perolehan suaranya adalah sebagai berikut. 

Pasangan Yusran Amirullah-Raden Benny Kisworo memperoleh  118.103 suara.

Pasangan nomor urut 2 Zaiiful Bokhari-Sudibyo memperoleh 202.519 suara. 

Pasangan nomor urut 3 Dawam Raharjo-Azwar Hadi memperoleh  210.606 suara.

"Perolehan suara sudah ditetapkan, ditetapkan Minggu, jam19.31 WIB," ujar Ketua KPU Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro lewat telponnya di Lampung Timur, Minggu malam. 

Jarwo mengatakan,  setelah penetapan itu,  KPU memberikan kesempatan kepada pasangan calon bupati yang tidak puas atas perolehan suara tersebut untuk mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi. 

"Ada kesempatan tiga hari menyampaikan gugatan ke MK, kalau ada gugatan ke MK, kita tunggu keputusannya MK. Kalau tidak ada gugatan,  KPU akan menetapkan calon bupati dan wakil bupati terpilih," jelasnya. 


Pilkada Lampung Timur 2020 telah berlangsung, Rabu (9/12).

Pilkada Lampung Timur diikuti tiga pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Raden Benny Kisworo yang diusung Partai NasDem dan Partai Demokrat. Pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo diusung PDIP, Gerindra, dan PKS. Pasangan nomor urut 3, Dawam Raharjo-Azwar Hadi diusung PKB, Golkar dan PAN.