Bhutan dan Israel jalin hubungan diplomatik

id normalisasi hubungan dengan Israel,hubungan diplomatik Israel,hubungan diplomatik Israel Bhutan

Bhutan dan Israel jalin hubungan diplomatik

Menlu Bahrain Abdullatif Al Zayani, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Abdullan bin Zayed menunjukkan dokumen kesepakatan ketiga negara, dengan disaksikan Presiden AS Donald Trump, saat upacara penandatanganan perjanjian normalisasi hubungan antara Israel dan sejumlah negara tetangga Timur Tengah, dalam penyelarasan strategis negara-negara Timur Tengah untuk melawan Iran. Penandatanganan berlangsung di Halaman Selatan Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Selasa (15/9/2020). (ANTARA/REUTERS/Tom Brenner/AWW/djo)

Tel Aviv (ANTARA) - Bhutan dan Israel resmi menjalin hubungan diplomatik pada Sabtu (12/12) setelah kedua negara melakukan serangkaian perundingan rahasia selama beberapa tahun.
 
Bhutan merupakan negara berbentuk kerajaan yang penduduknya mayoritas umat Buddha.

Bhutan, yang masuk dalam wilayah Asia Selatan, berada di kaki Pegunungan Himalaya dan negara itu berbagi perbatasan dengan India, China, juga Nepal.

Peresmian hubungan dengan Bhutan diyakini sebagai upaya Israel memperkuat pengaruhnya di tingkat dunia.

Walaupun demikian, perjanjian antara Israel dan Bhutan kemungkinan bukan bagian dari rencana yang didukung Amerika Serikat. Namun, para pejabat pemerintah di Israel melihat pembentukan hubungan diplomatik itu sebagai bukti negaranya banyak diterima di luar negeri.

Amerika Serikat di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump berupaya mendorong negara-negara berpenduduk mayoritas muslim dan negara-negara di Teluk Arab untuk memulihkan hubungannya dengan Israel.

"Negara-negara yang mengakui Israel terus bertambah dan meluas," kata Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi. "Pembentukan hubungan diplomatik antara kami (Israel, red) dan Kerajaan Bhutan akan jadi babak baru kuatnya hubungan Israel di Asia," terang dia.

Sebelum perjanjian persahabatan India dan Bhutan direvisi pada 2007, banyak kebijakan pertahanan dan luar negeri Thimpu dipengaruhi oleh arahan New Delhi. Sejauh ini, Bhutan menjalin hubungan diplomatik dengan 53 negara.

Menurut siaran tertulis bersama yang diunggah di laman Kementerian Luar Negeri Bhutan, perjanjian pembentukan hubungan diplomatik itu dilakukan di Kedutaan Besar Israel di New Delhi, Sabtu. Dokumen perjanjian ditandatangani oleh duta besar Bhutan untuk India dan duta besar Israel untuk India.

"Pembentukan hubungan diplomatik (akan) menciptakan banyak ruang kerja sama antara dua negara dalam bidang pengelolaan air, teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, ilmu dan teknologi pertanian, serta bidang lain untuk keuntungan bersama," kata Israel dan Bhutan melalui siaran pers bersamanya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik kesepakatan itu. Ia menambahkan Israel telah melakukan pembicaraan dengan beberapa negara yang menghendaki adanya pembentukan hubungan diplomatik.

Israel pada Kamis (10/12) juga meresmikan hubungan diplomatik dengan Maroko melalui perjanjian yang disponsori oleh AS. Maroko jadi negara keempat di Teluk Arab yang membangun hubungan diplomatik dengan Israel mengikuti jejak Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan.

Sumber: Reuters