Lampung akan terima hampir 5 juta lebih dosis vaksin COVID-19

id Corona Lampung, COVID Lampung, vaksin lampung

Lampung akan terima hampir 5 juta lebih dosis vaksin COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Kamis 25/11/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung akan menerima 4.988.624 dosis vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat sebagai upaya menanggulangi pandemi COVID-19.

"Teknis pelaksanaannya jumlah total sasaran sesuai dengan jumlah vaksin ada 4.988.624 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dari total sasaran penerima vaksin COVID-19 terinci ada 22.141 orang yang didapat dari kategori tenaga kesehatan dan petugas pendukung di fasilitas pelayanan kesehatan, 2.862.51 orang penerima bantuan iuran.

"Lalu ada sebanyak 475.362 orang petugas pelayanan publik, 162.960 masyarakat serta pelaku ekonomi semua telah dihitung sebagai penerima vaksinasi," ucapnya.

Menurutnya, setelah diketahuinya jumlah penerima serta dosis vaksin bagi Provinsi Lampung, persiapan logistik bagi pelaksanaan vaksin tengah dipersiapkan.

"Logistik dalam artian alat suntik, serta sumber daya manusia seperti tenaga kesehatan, perawat, bidan, dokter tengah di persiapkan," ucapnya lagi.

Ia menjelaskan, selain mempersiapkan logistik, telah dilakukan pula persiapan untuk penyimpanan vaksin COVID-19.

"Vaksin COVID-19 harus ditempatkan di tempat khusus agar kualitasnya pun tidak rusak sehingga ini pun harus dipersiapkan," ucapnya lagi.