Legislator sebut edukasi 3M penting putus mata rantai COVID-19

id COVID-19,Wuhan,DPRD,Legislator,Corona lampung,covid lampung

Legislator sebut edukasi 3M penting putus mata rantai COVID-19

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Yanuar Irawan saat dimintai keterangan, di Bandarlampung, Senin. (23/11/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Yang tidak percaya tak bisa juga kita paksakan
Bandarlampung (ANTARA) - Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung Yanuar Irawan mengatakan bahwa dalam memutus mata rantai COVID-19, Pemerintah harus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

"Hal terpenting sekarang adalah bagaimana Pemerintah memberikan edukasi pada masyarakat terkait kewajiban 3M, jadi bukan hanya sekadar sosialisasi yang diperbanyak," kata Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, sosialisasi 3M dan operasi wajib masker dengan melakukan razia yang dilakukan saat ini masih terkesan formalitas, sebab kenyataannya banyak masyarakat melepas masker saat melewati tim Satgas COVID-19.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini di lapangan, masyarakat masih terbelah tentang permasalahan COVID-19, karena sebagian dari mereka ada yang percaya atau tidak percaya dengan Virus Corona.

"Yang tidak percaya tak bisa juga kita paksakan. Kecuali memberikan pengertian dan edukasi bahwa COVID-19 memang benar-benar ada, dan masyarakat wajib menerapkan 3M," kata dia pula.

Dia pun mengajak semua stakeholder dan pemangku kepentingan dapat mempunyai kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan, dan bersedia memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang 3M.

"Minimal kita harus memiliki kesadaran dalam menjaga diri dari COVID-19, dengan begitu kita juga sudah melindungi lingkungan sekitar dari Virus Corona," kata dia lagi.

Hingga saat ini kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung berjumlah 3.128, dengan rincian pasien sembuh 1.870 orang, dan kasus kematian akibat Virus Corona 154 orang.
Baca juga: Kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di Lampung bertambah 6, total 154 kasus
Baca juga: COVID-19 di Provinsi Lampung bertambah 60 kasus, total 3.182
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar