Presiden IOC yakin Olimpiade Tokyo bisa dihadiri penonton

id Olimpiade,IOC

Presiden IOC yakin Olimpiade Tokyo bisa dihadiri penonton

Perdana Menteri Yoshihide Suga (kanan) bersama Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Tokyo, Senin (16/11/2020). ANTARA/Pool via REUTERS/Kazuhiro Nogi (.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengatakan "sangat, sangat yakin" bahwa penonton dapat menghadiri Olimpiade Tokyo yang ditunda ke tahun depan setelah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Tokyo, Senin.

Bach mengunjungi Jepang selama dua hari untuk mengadakan pertemuan dengan penyelenggara Olimpiade membahas tindakan pencegahan terhadap virus Corona terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade, serta masalah lainnya.

Kunjungan ke ibu kota Jepang itu adalah yang pertama sejak Bach dan mantan perdana menteri Shinzo Abe memutuskan pada Maret untuk menunda Olimpiade hingga 2021 karena risiko virus corona.



Suga dan Bach berbicara dengan sama-sama mengenakan masker bedah putih pada pertemuan hari Senin itu. Suga, yang menggantikan Abe pada bulan September, menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, dengan mengatakan bahwa dia berharap dapat bekerja sama dengan Bach dan IOC dalam persiapannya.

Bach mengatakan kepada wartawan bahwa penyelenggara Olimpiade di Jepang dan IOC akan bahu membahu untuk menyelenggarakan acara yang aman.

"Ini membuat kami juga sangat, sangat yakin bahwa kami dapat memiliki penonton," tambahnya.

Pada kesempatan kunjungan ke Tokyo ini, Bach juga akan memberikan Abe "the Olympic Order" yang merupakan penghargaan tertinggi IOC. Bach juga akan mengunjungi Stadion Nasional yang baru dibangun dan bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike.