Kapolda : Media berperan mencerdaskan kehidupan bangsa

id hut humas polri, kapolda lampung, kabid humas

Kapolda : Media berperan mencerdaskan kehidupan bangsa

Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto bersama perwakilan media di Lampung (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengatakan bahwa media masa berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Manajemen media merupakan bagian strategi Polri untuk bersama mencerdaskan kehidupan bangsa serta dapat memberikan informasi yang terpercaya," kata Purwadi Arianto pada HUT ke-69 Humas Polri, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan tantangan yang dihadapi humas saat ini semakin berat terutama banyaknya penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat mengganggu kondisi kamtibmas.

Kapolda mengatakan, peran humas di tubuh Polri sangat penting, terutama untuk menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan akurat kepada media agar menjadi berita yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Ia juga meminta dukungan dari media untuk bersama-sama membangun dan mencerdaskan rakyat agar masyarakat bisa bijak menyikapi situasi yang terjadi.

"Semoga HUT ke-69 ini, Humas Polri mampu meningkatkan pelayanan sebagai pemberi informasi yang aktual dan terpercaya, tentunya polri tidak bisa sendiri harus bergandengan tangan dengan rekan-rekan media membangun dan mencerdaskan masyarakat agar masyarakat semakin cerdas menyikapi situasi yang terjadi," ujarnya.

Kegiatan HUT Humas Polri sendiri berlangsung secara virtual diikutii 107 Polda/Polres/Polsek di seluruh Indonesia tersebut dilakukan peluncuran tanda Korps Kesatuan Humas Polri yang baru oleh Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Kapolda Lampung dalam kesempatan itu menyerahkan rompi pada perwakilan pemimpin redaksi. Rompi tersebut dimaksudkan untuk dijadikan identitas media dalam peliputan peristiwa seperti aksi demonstrasi.