Lebih 5.000 kendaraan tinggalkan Lampung, puncak arus balik Minggu malam ini

id Lampung, hutama karya, jalan tol, tol lampung,tol bakauheni

Lebih 5.000 kendaraan tinggalkan Lampung, puncak arus balik Minggu malam ini

Arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini mulai terasa sejak Sabtu (31/10) malam, dengan adanya pergerakan kendaraan melalui ruas tol ke arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Antaralampung/Emir F. Saputra)

Ya, sejak Sabtu (31/10) malam ada peningkatan volume lalu lintas dari biasanya
Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini mulai terasa sejak Sabtu (31/10) malam, dengan adanya pergerakan kendaraan melalui ruas tol ke arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Menurut informasi dari pihak PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), ada pergerakan sebanyak 5.219 kendaraan keluar Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

Branch Manajer PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) Hanung Hanindito mengatakan ada peningkatan volume lalu lintas sebesar 42 persen.

"Ya, sejak Sabtu (31/10) malam ada peningkatan volume lalu lintas dari biasanya hanya 3.682 kemudian meningkat sebesar 42 persen ke angka 5.219 kendaraan," kata Hanung, di Bandarlampung, Minggu.

Pada Minggu (1/1) malam ini diprediksi Hutama Karya kembali ada peningkatan volume lalu lintas sampai angka 40 persen.

"Perkiraan kami masih ada sekitar 4.000 kendaraan lagi sampai Senin (2/11) besok pagi. Tapi jumlah ini sudah termasuk angkutan barang yang melewati Tol Sumatera. Meskipun kendaraan masih didominasi kendaraan penumpang," katanya pula.
Baca juga: PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar siap hadapi mudik libur panjang


Sedangkan peningkatan arus kendaraan keluar Lampung juga terjadi di ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung (Terpeka).

Branch Manajer PT HK Cabang Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono menyebut volume lalu lintas di Terpeka yang melintas keluar tol Kayuagung, Sumatera Selatan naik 29 persen dari volume lalu lintas normal.

"Per Sabtu lalu naik 29 persen dari volume lalu lintas normal yang biasanya hanya 3.100 kendaraan. Menurut kami, prediksi puncak arus balik masih akan terjadi Minggu sore ini, pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB," kata Yoni.

Mengingat panjangnya ruas Tol Bakter hingga ruas Tol Terpeka yang mencapai 329 kilometer, Yoni menyarankan bagi para pemudik yang berasal dari Pulau Jawa dan hendak kembali ke Lampung atau Palembang, Sumatera Selatan, dan daerah lain diharapkan sering berhenti di rest area yang telah disediakan. Hal ini terkait kondisi pengendara dan kendaraannya.

"Bagi para pengendara diharapkan untuk tetap menjaga kondisi kendaraan dan pengendara. Jika merasa mengantuk silakan berhenti dan beristirahat di rest area terdekat. Kami juga sudah menyiapkan protokol kesehatan di setiap rest area yang telah dibuka," ujarnya pula.
Baca juga: Antisipasi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, ASDP imbau pengendara beristirahat di rest area
Baca juga: HK : Pengendara diminta keluar di Gerbang Tol Kalianda untuk antisipasi kemacetan menuju Pelabuhan Bakauheni