BPBD Tanggamus siap antisipasi bencana diperalihan musim

id Tanggap bencana, antisipasi bencana,BPBD kabupaten Tanggamus, darsun

BPBD Tanggamus siap antisipasi bencana diperalihan musim

Ilustrasi-Bencana longsor yang pernah terjadi di Provinsi Lampung. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus siap mengantisipasi bencana ditengah peralihan musim penghujan.

"Untuk antisipasi kita menghimbau untuk seluruh warga yang berdomisili di pegunungan terutama lereng gunung untuk terus berhati-hati," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tanggamus, Darsun, saat di hubungi di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, selain menghimbau warga untuk siap siaga menghadapi peralihan musim, BPBD setempat pun telah melakukan beberapa upaya bersama masyarakat.

"Bersama masyarakat kita telah bergotong royong di setiap pekon setiap hari Jumat, lalu kita melarang warga untuk membuang sampah sembarangan di setiap pekon," katanya.

Menurutnya, tidak hanya itu beberapa upaya juga dilakukan seperti normalisasi sungai, pengerukan sedimentasi dan pembuatan tanggul juga telah dilakukan untuk mengantisipasi adanya bencana banjir dan longsor.

"Saat ini kita tanggap darurat dahulu, dan hampir semua pekon sudah siap, di daerah Cukuh Balak, Kota Agung Barat, dan Sedayu kemarin ada banjir dan tanah longsor dan saat ini sudah dilakukan normalisasi sungai, sedangkan di daerah Ulubelu sudah dibuat tanggul," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan kesiapsiagaan dan kerjasama antara masyarakat dan unsur pemerintah diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya dampak atas bencana yang terjadi menjelang perubahan musim.

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar