Disporapar Kabupaten Pringsewu gelar pelatihan wisata dan kelola homestay di desa wisata

id lampung, pringsewu,wisata pringsewu

Disporapar Kabupaten Pringsewu gelar pelatihan wisata dan kelola homestay di desa wisata

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu melaksanakan kegiatan Pelatihan Perencanaan Wisata Alam, di Regency Hotel. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pengelola wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) se-Kabupaten Pringsewu ini dilaksanakan selama tiga hari ke depan yang merupakan program pelestarian cagar budaya daerah. (ANTARA/HO)

Peran serta dari masyarakat juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang pariwisata

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu, Lampung melaksanakan kegiatan Pelatihan Perencanaan Wisata Alam di Regency Hotel.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pengelola wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) se-Kabupaten Pringsewu ini, dilaksanakan selama tiga hari dan merupakan program pelestarian cagar budaya daerah.

“Kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif dalam mengelola sumber daya alam untuk pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pringsewu, agar tercapai kesejahteraan masyarakat,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Pringsewu Andi Wijaya, di Pringsewu, Selasa (20/10) kemarin.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk bisa memberikan arahan tentang kompetensi dan kompetititf dalam mengelola sumber daya alam untuk membangun pariwisata di Kabupaten Pringsewu.

Selain itu, dengan pariwisata, masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi mengelola wisata secara bersama-sama. Tanpa ada dukungan dari masyarakat, pariwisata juga tidak akan mungkin dapat berkembang dengan baik.

“Kita harus memberikan masukan kepada masyarakat bahwa untuk membangkitkan pariwisata itu bukan hanya pemerintah, tetapi peran serta dari masyarakat juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang pariwisata yang ada di daerahnya,” katanya.
Baca juga: Wakil Bupati Pringsewu apresiasi Ekowisata Taman Sari padukan keindahan alam perdesaan

Menurutnya bahwa dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional. Pariwisata mempunyai peranan penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Melalui pembangunan sektor pariwisata, masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan taraf perekonomiannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin menggeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. Tanpa lingkungan yang baik, pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. Karena itu, pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang menjadi nilai jual utama.

“Semoga Kabupaten Pringsewu dapat mengeksploitasi kepariwisataan baik wisata alam maupun wisata buatan, agar berdampak baik pada kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar objek wisata nantinya,” katanya pula.
Baca juga: Wisata "Taman Jomblo" di Pringsewu
Baca juga: Talang Indah Objek Wisata alternatif Pringsewu Lampung

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar