Pelajar SMAN 2 Bandarlampung raih medali perunggu pada ajang KSN 2020

id GGP, OSN, KSN, lba KSN

Pelajar SMAN 2 Bandarlampung raih medali perunggu pada ajang KSN 2020

Pelajar SMA Negeri di Bandarlampung raih medali perunggu pada ajang Kompetensi Sains Nasional (KSN) 2020. (Antaralampung.com/istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Pelajar SMA Negeri 2 Bandarlampung, Achnaf Habibullah (17), meraih medali perunggu pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020.

Di tengah pandemi COVID-19, pelajar kelas XII tersebut meraih prestasi bidang Fisika yang disematkan secara daring pada malam anugerah penutupan KSN tingkat SMA 2020.

"Saya senang dan bangga bisa meraih prestasi ini. Perjuangan saya selama dua tahun akhirnya berbuah hasil dan tidak sia-sia," kata Achnaf Habibullah, di Bandarlampung, Senin.

Putra kedua dari Hidayatulloh dan Tati Sumiyati telah bersaing dengan 100 peserta bidang Fisika dari seluruh Indonesia. KSN yang dilaksanakan secara daring mulai tanggal 12 hingga 17 Oktober 2020 mencakup sembilan bidang cabang yang dilombakan yakni Astronomi 99 peserta, Biologi 100 peserta, Ekonomi 100 peserta, Fisika 100 peserta, Geografi 100 peserta, Informatika Komputer 99 peserta, Kebumian 100 peserta, Kimia 100 peserta, dan Matematika 100 peserta.

Achnaf Habibullah yang merupakan lulusan SMPN3 Way Pengubuan, sekolah binaan PT Great Giant Peneaple (GGP), telah dua kali berprestasi sebagai juara 1 OSN bidang Fisika tingkat Provinsi Lampung dan dua kali meraih medali emas Fisika pada ajang OSN tingkat Bandarlampung tahun 2019 dan 2020.

"Saya yakin dan percaya meskipun hidup dalam masa pandemi COVID-19, kita masih bisa meraih prestasi dari rumah," kata dia.

Achnaf menambahkan bahwa prestasi membanggakan yang  pernah diraihnya adalah  juara pada Olimpiade Fisika yang digelar Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung, Olimpiade Fisika ITERA, berbagai lomba Fisika SMA sederajat se-Lampung, dan mewakili Lampung pada ajang OSN tahun 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

"Senang bisa berkompetisi di ajang nasional jadi tambah ilmu, membuka wawasan, dan banyak teman. Yang lebih senang lagi bisa membanggakan orang tua, mengharumkan nama sekolah, dan membawa Lampung di peringkat sembilan nasional,” kata dia lagi.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar