Brighton kantongi satu poin dari Palace berkat gol menit-menit akhir

id brighton,crystal palace,liga inggris,alexis mac allister,wilfried zaha

Brighton kantongi satu poin dari Palace berkat gol menit-menit akhir

Gelandang Brighton & Hove Albion Alexis Mac Allister (tengah) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Crystal Palace dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, Inggris, Minggu (18/10/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Adrian Dennis)

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion mengantungi satu poin dari markas Crystal Palace berkat sebuah gol menit-menit akhir yang membuat laga pekan kelima Liga Inggris itu berakhir imbang 1-1 di Stadion Selhurst Park, London, Minggu.

Palace yang melepaskan hanya satu tembakan tepat sasaran sepanjang laga cukup beruntung bisa memiliki keunggulan lewat eksekusi penalti Wilfried Zaha, tetapi hal itu raib lantaran pemain pengganti Alexis Mac Allister mencetak gol untuk Brighton tepat di pengujung waktu normal.

Hasil itu membuat Palace belum beranjak dari posisi ke-12 di klasemen sementara dengan raihan tujuh poin, sedangkan Brighton (4) tertahan di urutan ke-16 sejak disalip Manchester United (6) sehari sebelumnya, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Brighton tampil lebih agresif sejak peluit sepak mula tetapi tembakan Tariq Lamptey masih bisa dihadang barisan pertahanan tuan rumah, sedangkan tendangan Yves Bissouma dalam situasi sepak pojok hanya menghantam jaring luar gawang.

Kendati tampak tertekan, Palace tiba-tiba mendapat hadiah tendangan penalti saat Lamptey dianggap menjatuhkan Michy Batshuayi dalam situasi kontak fisik yang minim tetapi dianggap cukup oleh wasit Stuart Attwell untuk dihukum dengan tembakan 12 pas.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Zaha yang memperdaya kiper Mathew Ryan untuk membawa Palace memimpin sejak menit ke-19.

Sesudahnya, Brighton terus berusaha membangun serangan tetapi tak kunjung memetik hasil hingga turun minum.

Delapan menit memasuki babak kedua, Batshuyai sukses menyarangkan bola ke gawang Brighton, tetapi gol itu dianulir sebab penyerang pinjaman dari Chelsea itu terjebak offside ketika Jairo Riedewald melepaskan umpan terobosan.

Palace sepertinya akan meraup tiga poin penuh, tetapi pada menit ke-90 tiba-tiba Joel Ward salah perhitungan ketika berusaha menyapu umpan Neal Maupay, yang lolos dan tiba di hadapan Mac Allister untuk diselesaikan ke pojok kiri bawah gawang demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Gol itu menyuntik semangat bagi Brighton, tetapi motivasi berlebih membuat Lewis Dunk menerima kartu merah ketika melanggar Gary Cahill dengan jegalan dua kaki dalam situasi sepak pojok di dalam kotak penalti Palace.

Situasi 11 vs 10 hanya berlangsung beberapa menit sebelum peluit tanda laga usai berbunyi dan kedua tim harus puas berbagi satu poin dari pertandingan tersebut.

Dalam pertandingan pekan keenam, Palace bakal bertandang ke markas Fulham pada Sabtu (24/10), sedangkan Brighton akan menjamu West Bromwich Albion di Stadion Amex dua hari berselang.

Susunan pemain:

Crystal Palace (4-4-2): Vicente Guaita; Joel Ward, Cheikhou Kouyate, Gary Cahill, Tyrick Mitchell; Andros Townsend, Jairo Riedewald, James McArthur, Jeffrey Schlupp (Christian Benteke); Michy Batshuayi (Luka Milivojevic), Wilfried Zaha
Pelatih: Roy Hodgson

Brighton & Hove Albion (3-4-2-1): Mathew Ryan; Adam Webster, Lewis Dunk, Daniel Burn (Pascal Gross); Tariq Lamptey, Ben White, Yves Bissouma, Solomon March; Adam Lallana (Alexis Mac Allister), Leandro Trossard (Aaron Connolly); Neal Maupay
Pelatih: Graham Potter