Gubernur: Sektor pertanian harus berdampak pada kesejahteraan petani

id gubernur lampung arinal, sektor pertanian, mentan

Gubernur: Sektor pertanian harus berdampak pada kesejahteraan petani

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Mentan SYL dan Wagub Lampung Chusnunia Chalim (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan  bahwa pembangunan sektor pertanian harus berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani dan perekonomian daerah setempat.
 
"Saya tekankan bahwa sektor pertanian adalah sektor utama di Lampung," kata Arinal,  di Bandarlampung,  Selasa. 

Ia menyebutkan bahwa  Provinsi Lampung memiliki luas baku sawah seluas 361.699 hektare. 

Pada  tahun 2019 panen padi mencapai 464.103 hektare dengan produktivitas 2.16 juta ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 1,24 juta  ton beras.

“Petani yang tinggal di wilayah pedesaan dan jumlah hampir 50 persen dari jumlah penduduk provinsi, dapat menjalankan usaha pertaniannya dengan lebih baik, produktivitasnya lahannya meningkat serta kesejahteraannya juga meningkat,“ tutur Arinal.

Ia berharap hal ini dapat memberikan petani kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi, akses permodalan/pembiayaan penanganan pasca panen dan pemasaran hasil.

Sebelumnya  Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL)  mengatakan bahwa Indonesia saat pandemi mengalami pertumbuhan pada sektor pertanian.
 
Menurutnya, sektor pertanian tumbuh 16,42  persen , kemudian menyumbang ekspor yang luar biasa. Sumbangan ekspor dari sektor pertanian sebesar Rp258 triliun untuk Juli dan Agustus ini ada tambahan Rp30 triliun.

“Yang ingin saya sampaikan kalau dalam kondisi yang susah saja seperti sekarang ini, semua ekonomi dunia melemah. Negara lain semua minus yang cukup tajam, kita minus tapi hanya minus 5 persen dan semakin menuju ke yang lebih baik," jelas Mentan.

Salah satu apresiasi Menteri Pertanian kepada Provinsi Lampung adalah peluncuran kartu petani sebagai jawaban dari semua masalah pertanian, khususnya di Provinsi Lampung. 

"Saya akan terus mendorong pertanian, pertanian harus makin maju, makin mandiri dan modern, semua ada di kartu tani ini," katanya.