Rycko: Bandarlampung pusat ekonomi Lampung

id debat kandidat, pilwakot bandarlampung, kpu bandarlampung, calon wali kota

Rycko: Bandarlampung pusat ekonomi Lampung

Debat kandidat calon wali kota Bandarlampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Rycko Menoza dalam penyampaian visi dan misi pada debat publik calon wali kota Bandarlampung mengatakan bahwa kota setempat merupakan pusat ekonomi di Provinsi Lampung. 

Ia menyampaikan, Bandarlampung adalah kota yang memiliki keunggulan, di antaranya letak geografis yang strategis dengan potensi jasa, perdagangan dan pariwisata.

"Dengan potensi dan kekuatan ini, Bandarlampung harus menjadi kota yang maju, modern dan menjadi pusat ekonomi di Provinsi Lampung, bahkan harus menjadi pusat perekonomian di Sumatera," ujarnya dalam debat publik di Hotel Sheraton, Bandarampung, Rabu  malam.

Ia menilai, saat ini potensi Kota Bandarlampung masih belum tergali secara optimal. Ibu kota Provinsi Lampung ini masih dihadapkan pada masalah kurangnya lapangan pekerjaan.

Kemudian, masalah tingginya tingkat kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, transportasi kota tidak tertata, dan banjir masih menghiasi kota.

"Sampah ada di mana-mana, semrawutnya kota dan fasilitas umum yang masih buruk serta suasana masyarakat yang tidak nyaman," tambahnya.

Ia menjanjikan program prioritas yang inovatif dan kreatif yang akan dilakukannya jika terpilih lima tahun ke depan.

Diantaranya, melakukan pemerataan kesejahteraan dengan membuka 100.000 lapangan kerja baru di sektor usaha.

Memberikan bantuan modal Rp 5 juta bagi UMKM yang sudah ada ataupun baru, termasuk kalangan milenial.

Kemudian, ia berjanji mengentaskan kemiskinan lewat bantuan pangan bergizi dengan memberikan Rp 2 juta per kepala keluarga per tahun

"Mewujudkan pendidikan yang unggul, meningkatkan kesejahteraan guru, memberikan bantuan senilai Rp 2 juta per tahun bagi siswa kurang mampu serta membantu pelajar dan mahasiswa yang berprestasi," tambahnya.

Ia juga akan fokus untuk mendapatkan kembali piala adipura dan mewujudkan kota bandarlampung menjadi Indah, bersih, dan tertata disertai ruang terbuka hijau di setiap kecamatan.

Penyampaian debat yang dibuka oleh Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triadi itu,  dimulai dari calon Nomor. 01 Rycko Menoza, lalu nomor urut 02 Yusuf Kohar dan Nomor urut 3 Eva Dwiana.

Dalam debat sesi pertama bertema "Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah".

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 01 Rycko Menoza-Johan Sulaiman (Rycko-Jos) diusung Partai PKS dan Golkar.

Kemudian pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 02 Yusuf Kohar-Tulus Purnomo (Yutuber) diusung Partai Demokrat, PAN, PKB, Perindo dan PPP.

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 03 Eva Dwiana-Dedi Amrullah diusung PDIP, Gerindra, dan NasDem.