NTB siap wujudkan "1.000 Desa Sapi"

id NTB,Program 1.000 Desa Sapi,Kementan RI

NTB siap wujudkan "1.000 Desa Sapi"

Ilustrasi - Memelihara ternak sapi bagi masyarakat diperkampungan yang jaraknya jauh dari aktivitas kantor perbankan di wilayah NTB, merupakan bentuk investasi dan tabungan untuk biaya menyekolahkan anak, naik haji serta biaya mendesak lainnya. ANTARA/ Ahmad Subaidi

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah menyatakan kesiapan daerahnya mewujudkan program 1.000 Desa Sapi.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberi apresiasi bagi para peternak, khususnya di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang bisa secara mandiri menyediakan lahan untuk kebutuhan pakan ternak masing-masing.

"Inilah perlunya cara usaha beternak dengan cara berkelompok," kata Gubernur NTB saat menemani Direktur Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, drh Makmun Mujahidin di Dusun Bermi dan Dusun Bumbung, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Selasa.

Zulkieflimansyah mengaku lima desa di Kecamatan Pujut yang nantinya menjadi lokasi sasaran program 1.000 Desa Sapi sudah sangat siap.

Program Desa 1000 sapi di Kecamatan Pujut akan diserahkan tahun ini, seperti halnya di Labangka. Karenanya, Doktor Zul sapaan akrab gubernur meminta agar semua persiapan harus dimatangkan dengan baik, sehingga terpilihnya Provinsi NTB diantara 5 provinsi percontohan lainnya dapat betul-betul berjalan dengan sukses.

"Kita berharap apa yang dilakukan ini juga bisa menjadi penyemangat bagi peternak lainnya untuk meniru cara beternak sapi yang baik dan menghasilkan guna memberikan pendapatan secara ekonomi bagi masyarakat. Diharapkan program desa 1.000 sapi ini bisa segera terwujud di NTB dan dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat sekitar lokasi pengembangan," katanya.