Dinkes: Hasil penelusuran kasus Bupati nonaktif Lampung Tengah ada lima kasus

id Corona Lampung, bupati Lampung Tengah, bupati corona

Dinkes: Hasil penelusuran kasus Bupati nonaktif Lampung Tengah ada lima kasus

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat terdapat lima kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil penelusuran kasus Bupati nonaktif Lampung Tengah. 

"Kita sedang melakukan penelusuran kasus dari pasien 847 dan 848 kurang lebih ada 200 orang yang kami telusuri," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Jumat. 

Ia mengatakan, selama pelaksanaan penelusuran kasus dari pasien 847 dan 848 yang diketahui sebagai Bupati nonaktif Lampung Tengah beserta istri, telah didapat 5 kasus terkonfirmasi positif COVID-19. 

"Hari ini ada penambahan pasien asal Kabupaten Lampung Tengah yaitu pasien bergejala nomor 913 perempuan berusia 47 tahun merupakan hasil penelusuran kasus 848, pasien pernah mengikuti pelatihan dan pembinaan PKK di kecamatan beserta pasien 848," ujarnya. 

Ia menjelaskan, pasien 914 dan 915 juga merupakan hasil penelusuran kasus 847, dan semua pasien tengah melakukan isolasi mandiri.

"Pasien pria bernomor 916 dengan usia 43 tahun asal Lampung Tengah merupakan hasil penelusuran kasus 847 dan saat ini sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit swasta karena bergejala," katanya. 

Menurutnya, hasil penelusuran kasus Bupati non aktif Lampung Tengah selain dari Kabupaten Lampung Tengah juga didapatkan dari Kota Metro. 

"Ada seorang pasien pria asal Kota Metro berusia 41 tahun sedang melakukan isolasi mandiri karena tidak bergejala dan diketahui juga hasil penelusuran kasus pasien 848," ucapnya. 

Reihana menjelaskan, pelaksanaan penelusuran kasus dan uji sampel dari hasil penelusuran kasus terus dilakukan untuk mengetahui riwayat kontak pasien 847 dan 848.

Diketahui, pasien 847 yang diketahui merupakan Bupati nonaktif Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto beserta istri dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Minggu 27 September, dengan melakukan tes usap dengan alat Tes Cepat Molekuler (TCM), setelah melakukan perjalanan dari DKI Jakarta. 

Baca juga: Bupati nonaktif Lampung Tengah dikonfirmasi positif COVID-19