DPRD Kota Bandarlampung dorong pemkot lakukan tes cepat massal

id COVID-19,Wuhan

DPRD Kota Bandarlampung dorong pemkot lakukan tes cepat massal

Personel LKBN ANTARA Biro Lampung saat menjalani tes cepat (rapid test) yang di fasilitasi oleh kantor Pusat ANTARA. Selasa. (29/9/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandarlampung mendorong pemerintah setempat untuk melakukan tes cepat (rapid test) massal di tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian.

"Kita telah sampaikan bahwa Pemkot Bandarlampung harus melakukan tes cepat secara massal dan gratis bagi masyarakat," kata Ketua DPRD Kota Bandarlampung Wiyadi, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, tes cepat secara massal perlu dilakukan segera mungkin guna mengetahui daerah mana saja yang banyak terjadi penyebaran atau menjadi klaster COVID-19 di kota ini.

"Kita telah meminta kepada kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung untuk melakukan itu. Terutama di pasar-pasar tradisional dan saat ini mereka sedang menghitung anggaran dan berapa keperluan alatnya," kata dia.

Terkait banyaknya pegawai perkantoran atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini terpapar COVID-19, Ketua DPRD Bandarlampung tersebut menghimbau agar mereka patuh dan disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan.

"Yang utama dalam mencegah agar tidak tertular COVID-19 ini adalah kesadaran kita, masyarakat atau pegawai itu sendiri untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan yang berlaku," kata dia.

Menurutnya pula bagi ASN atau pegawai kantor yang sedang mengalami sakit, mereka tidak perlu memaksakan untuk masuk kerja, lebih baik istirahat di rumah saja.

"Kami pun di lembaga DPRD meminta semua anggota dewan dan ASN di sini kalau badannya meriang-meriang jangan dipaksakan masuk kerja istirahat saja di rumah bila perlu lakukan tes cepat mandiri," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar