Dinkes Lampung sarankan pasien positif COVID-19 isolasi di RSBNH

id COVID-19,kasus COVID-19 Lampung

Dinkes Lampung sarankan pasien positif COVID-19 isolasi di RSBNH

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana saat memberikan keterangan, Selasa. (29/9/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyarankan kepada pasien positif COVID-19 yang tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah, untuk menjalani karantina  di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) di Kabupaten Lampung Selatan.

"Saya ingatkan kepada pasien positif yang isolasi mandiri di rumah, mereka harus betul-betul baik dan benar dalam menjalankannya agar tidak menularkan kepada lingkungan sekitar," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, pasien positif COVID-19 dapat memilih untuk menjalani isolasi di rumah maupun tempat-tempat karantina mandiri yang telah disediakan oleh kabupaten/kota setempat.

Namun, apabila memang mereka khawatir menukarkan dan tidak bisa menjalankan karantina mandiri dengan benar maka pasien positif COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri di RSBNH.

"Kita ketahui RSBNH adalah salah satu rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai tempat karantina bagi pasien positif COVID-19 tanpa gejala, jadi itu juga bisa digunakan oleh pasien," kata dia.

Ia mengingatkan kembali kepada pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di kediamannya agar semua keperluannya seperti peralatan makan dan mandi dipisahkan dahulu dengan milik keluarganya guna mencegah penularan virus ini diantara mereka.

Pada sisi lain, Ia pun meminta kepada masyarakat Lampung untuk menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan di air mengalir selama 20 detik (3M) penting dilakukan pada masa pandemi COVID-19 ini.

"Jadi tolong 3M ini di terus dikampanyekan karena kita masih dalam masa pandemi COVID-19 dan belum kembali normal seperti dulu," ujarnya.

Hingga saat ini orang yang konfirmasi positif COVID-19 di Lampung terus bertambah.

Terakhir penambahan pasien berjumlah 24 orang sehingga total kasus di provinsi ini berjumlah 875, dengan rincian yang telah selesai isolasi atau sembuh 632 dan kasus kematian 30 orang.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar