Gubernur HM Nurdin tetapkan Pulau Lanjukang percontohan wisata pulau di Sulsel

id Gubernur Sulsel, Pemprov Sulsel, Pulau Lanjukang,wisata sulsel

Gubernur HM Nurdin tetapkan Pulau Lanjukang percontohan wisata pulau di Sulsel

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah bersama rombongan saat meninjau Pulau Lanjukang Makassar dalam rangka penetapan pulau tersebut sebagai pulau wisata percontohan di Makassar, Sabtu (26/09/2020). ANTARA Foto/HO-Humas Pemprov Sulsel

Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah menetapkan penataan Kawasan Pulau Lanjukang sebagai percontohan pulau wisata di Kota Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah di Makassar, Sabtu menyebutkan bahwa Pulau Lanjukang yang indah perlu untuk ditata sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Maksud dan tujuan kita di sini, pertama melihat persoalan yang ada di pulau. Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah. Kita sangat tertarik untuk menata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau," katanya saat meninjau Pulau Lanjukang bersama Pj Wali Kota Makassar Prof Rudy Djamaluddin yang turut dihadiri manajemen PT Telkomsel, PT PLN dan Pertamina.

Masyarakat, katanya, akan diberdayakan dan dilibatkan untuk melakukan pengelolaan dengan terlebih dahulu diberi pelatihan sehingga masyarakat memiliki keterampilan.

Pemerintah, menurut dia, juga akan berkolaborasi seluruh pihak guna menghadirkan kebutuhan dasar masyarakat pulau, seperti listrik 24 jam penuh, air bersih, sistem tranportasi, dan jaringan telekomunikasi.
Baca juga: Pemprov Sulsel fokus jadikan Kabupaten Selayar destinasi wisata


Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin menyebutkan penataan kawasan pulau ini sebagai percontohan pulau wisata merupakan kolaborasi pemerintah.

"Tentu kami mengucapkan syukur atas inisiasi tersebut. Inisiasi ini merupakan inisiasi gubernur untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat pulau yang memang kalau kita lihat selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah," ujarnya.

Adapun rencana pembangunan infrastruktur dan fasilitas di pulau itu, antara lain tambahan perahu, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, resort 20 unit, gazebo 50 unit, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum (arsinum), genset, ruang produksi warga, dua toilet, Sekolah Jantung Inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPAL), lampu pedesterian (jalan) 100 titik.

Sementara Dinas PU Kota Makassar di Tahun 2020 akan membangun dermaga, jalan lingkungan 1,5 km dengan lebar 3 meter, lampu jalan 25 dan gazebo dengan total anggaran untuk tahun ini 4,2 miliar. Selain itu pemerintah juga akan melakukan bedah rumah warga.
Baca juga: Menko Luhut mengapresiasi inovasi Program Wisata COVID-19 di Sulsel
Baca juga: Pulau Lae-lae Sulsel jadi ikon wisata kuliner