Hasil 'contact tracing' Sekdakab Pesisir Barat sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif

id lampung, pesisir barat,sekdakab pesisir barat,sekda pesisir barat

Hasil 'contact tracing' Sekdakab Pesisir Barat sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko

Sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil pelacakan kontak (contact tracing) dengannya

Bandarlampung (ANTARA) - Setelah Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, N Lingga Kusuma dinayatakan konfirmasi positif COVID-19, sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil pelacakan kontak (contact tracing) dengannya.

Hal itu berdasarkan Surat Laporan Hasil Pemeriksaan Metode Pemeriksaan RT-PCR Real Time nCov 2019.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) COVID-19 Pesisir Barat melakukan contact tracing dengan rapid test di hari kedua kepada 221 orang, terdiri dari para pejabat, staf dan pegawai di lingkungan Sekretariat Pemkab Pesisir Barat.

“Hasilnya, 17 orang reaktif, lalu diteruskan pengambilan swab,” ujar Juru Bicara TGTPP sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko saat di konfirmasi dari Bandarlampung, Rabu.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Pesisir Barat akan terus men-tracing di sekretariat pemkab maupun orang yang berkontak erat dengan Sekdakab, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Pemeriksaan swab 17 orang tersebut kami kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Kita tunggu hasilnya sambil diberikan edukasi dan semuanya sudah isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab,” katanya pula.

Selain itu, contact tracing akan terus dilakukan kepada mereka yang pernah bertemu dan berkontak secafa fisik dengan Sekdakab, meskipun secara fisik terlihat sehat tanpa gejala.

“Sekarang ini Pak Sekda sedang melakukan isolasi selama 10 hari, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 sejak pengambilan sampel swab. Terhitung hari Minggu sudah selesai,” ujar Tedi pula.

Tedi mengharapkan masyarakat dapat menjaga diri, keluarga dan lingkungannya, dengan wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, dan mengikuti semua anjuran pencegahan penularan COVID-19 lainnya.
Baca juga: Juru Bicara: Keluarga Sekdakab Pesisir Barat jalani uji usap
Baca juga: Sekda Pesisir Barat positif COVID-19