Timnas U-19 kalah 0-3 dari Bulgaria, Shin Tae-yong tak masalahkan

id timnas u19,shin taeyong,piala asia u19,piala dunia u20

Timnas U-19 kalah 0-3 dari Bulgaria,  Shin Tae-yong tak masalahkan

Pemain timnas U-19 Indonesia Irfan Jauhari (kedua dari kiri) berebut bola dengan pemain Bulgaria Dimitar Zhekov (keempat dari kiri) dalam pertandingan Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu (5/9/2020). Laga itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Bulgaria. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong tidak mempermasalahkan kekalahan timnas U-19 dengan skor 0-3 dari Bulgaria, Sabtu (5/9).

"Tidak masalah meski harus kalah," ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa timnas U-19 masih terus berproses menjadi lebih baik.

Performa David Maulana dan kawan-kawan akan terus ditingkatkan dengan berbagai menu latihan yang akan diberikan.

Baca juga: Usai kalahkan timnas pelajar Bima Sakti soroti penyelesaian akhir timnas U-16

"Yang jelas tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi dan para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di pertandingan tadi," kata Shin.

Sementara bek timnas U-19 Bayu Mohammad Fiqri mengakui skuatnya kurang fokus khususnya di 15 menit terakhir pertandingan sehingga kebobolan tiga gol.

Namun, Bayu juga mengakui Bulgaria tim yang bagus.

"Kami kehilangan fokus saat terjadinya gol tadi. Bulgaria tim yang bagus dan kami juga mendapat pengalaman berharga. Kami berusaha meningkatkan permainan kami di pertandingan uji coba selanjutnya," tutur dia.

Tim nasional U-19 Indonesia takluk dengan skor 0-3 dari Bulgaria dalam laga Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu (5/9) malam WIB.



Ketiga gol Bulgaria dicetak oleh Martin Petkov (78', 84') dan Stanislav Shopov (83').

Berikutnya di turnamen tersebut, Indonesia akan menghadapi Kroasia pada Selasa (8/9). Di laga terakhir, Jumat (11/9), timnas U-19 akan berduel dengan Arab Saudi.

Turnamen Persahabatan U-19 Internasional menjadi bagian dari pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Kroasia.

Selain itu, nantinya ada pula pertandingan uji coba menghadapi beberapa kesebelasan seperti timnas U-19 Qatar, Bosnia dan Herzegovina serta tim muda Dinamo Zagreb.

TC yang berlangsung selama bulan September 2020 itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.