PT Hutama Karya gelar operasi mengantuk pertama di Indonesia

id Lampung, hutama karya, terpeka

PT Hutama Karya gelar operasi mengantuk pertama di Indonesia

Satuan PJR Polda Lampung dan Kabag Operasional PT Hutama Karya Ruas Terpeka Mudjiono saat melakukan pengecekan dan imbauan kepada kendaraan yang melintas di rest area Km 163. (Antaralampung/HO)

Operasi mengantuk ini yang pertama ada di tol Jawa dan Sumatera, dan yang pertama kali digelar
Bandarlampung (ANTARA) - Kabag Operasional PT Hutama Karya Cabang Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung Mudjiono mengatakan operasi mengantuk yang dijalankan pihaknya saat ini merupakan yang pertama diterapkan di Jalan Tol Trans Sumatera maupun jalan tol di Pulau Jawa untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan tol.

"Operasi mengantuk ini yang pertama ada di tol Jawa dan Sumatera, dan yang pertama kali digelar. Hasilnya selama 2 jam dari pukul 03.00 sampai 05.00 WIB berhasil mengarahkan 200 kendaraan pribadi dan 150 kendaraan besar untuk beristirahat di rest area," kata Mudjiono, Sabtu.

Menurutnya, operasi mengantuk ini hasil diskusi dengan Satuan PJR Polda Lampung dan Polda Sumatera Selatan untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan tol, dan setelah dilaporkan ke kantor pusat di Jakarta diterima dan disetujui nama kegiatannya yaitu operasi mengantuk.

Selain itu, walaupun operasi mengantuk ini baru dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, para petugas tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield agar menjaga para pengendara yang beristirahat dan petugas merasa aman dan nyaman.

"Kami sebagai petuga harus menjaga keamanan para tim yang bertugas di lapangan, karena kita tidak tahu bahwa pengendara dari zona hitam, merah dan hijau. atau pengendara sudah kontak erat dengan pasien yang positif COVID-19. Maka dari itu kami imbau untuk seluruh petugas yang melaksanakan operasi mengantuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran COVID-19," katanya pula.
Baca juga: HK gelar operasi mengantuk di Km 163 Tol Trans Sumatera di Lampung


Mudjiono menjelaskan, pada operasi mengantuk ini juga merupakan salah satu pelayanan kepada pelanggan dengan memberikan kopi dan makanan ringan (snack) gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan kendaraan dari kondisi rem, ban dan lampu rem apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

"Sebagai pengelola jalan tol, Hutama Karya akan terus memberikan pelayanan prima terbaik kepada pengguna. Semoga dengan operasi mengantuk ini para pengguna jalan tol bisa menyadari jangan pernah memaksakan bila kondisi mata dan badan sudah lelah. Lebih baik beristirahat di rest area terdekat untuk menghindari kecelakaan," katanya lagi.
Baca juga: PT HK edukasi dan sosialisasi pencegahan COVID-19 ke pengguna jalan tol