Inggris juga mengumumkan kesetaraan upah timnas putra dan putri

id Timnas Inggris,kesetaraan gaji pemain,FA Inggris,upah pemain

Inggris juga mengumumkan kesetaraan upah timnas putra dan putri

Pelatih kepala tim nasional Inggris Gareth Southgate mengacungkan kedua jempolnya usai mengalahkan Kosovo dalam laga pemungkas fase kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A di Kosovo, Minggu 17 November 2019. Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengumumkan bahwa timnas putra dan putrinya telah menerima bayaran yang sama. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengumumkan bahwa timnas putra dan putrinya telah menerima bayaran yang sama.

Keputusan ini menyusul langkah Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) yang menyatakan mereka akan mengambil langkah kesetaraan gaji antara tim putra dan putri.

Menurut laporan Sky Sports hari ini FA telah membayar tim putra dan putri setara dalam hal biaya pertandingan dan bonus pertandingan sejak Januari.

"FA membayar pemain wanita persis sama dengan rekan pria mereka untuk mewakili Inggris, baik dalam hal biaya pertandingan dan bonus pertandingan," kata FA dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kesetaraan ini telah berjalan sejak Januari 2020."

Inggris dan Brasil termasuk dalam beberapa negara yang memberikan gaji setara terhadap pemain timnas pria dan wanita mereka, bersama dengan Australia, Norwegia dan Selandia Baru.

Perbedaan bayaran antara pemain profesional putra dan putri sudah menjadi sorotan sejak tahun lalu saat timnas putri AS menggugat badan sepak bola negara ini tahun lalu dengan tuduhan diskriminasi gender dan kondisi kerja.

Perseteruan panjang antara pemain timnas putri AS dengan badan sepak bola mereka telah membuat para pemain meminta ganti rugi sebesar 66 juta dolar Amerika (sekitar Rp976 miliar) di bawah Undang-undang Kesetaraan Upah (Equal Pay Act).