Pemkot Bandarlampung dorong pengembangan pemasaran produk UMKM

id Wali Kota Bandarlampung,UMKM,Pemkot

Pemkot Bandarlampung dorong pengembangan pemasaran produk UMKM

Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat dimintai Keterangan, Rabu. (2/8/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus berkembang dengan memperluas pemasaran produk-produk mereka ke masyarakat.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya agar barang-barang olahan dari UMKM dapat dikenal lebih luas lagi.

"Saya minta kepada dinas terkait agar ikut bantu menyebar luaskan produk mereka dengan bekerja sama dengan gerai oleh-oleh di kota ini maupun di hotel yang mengadakan pertemuan agar dalam jamuannya mereka menggunakan produk dari UMKM," kata dia.

Dia pun meyakini apabila UMKM ini dibina dengan baik serta difasilitasi dengan benar maka ke depan akan lebih maju lagi sehingga berimbas kepada pengurangan pengangguran di kota ini.

"Dalam upaya mempermudah UMKM untuk berkembang, Pemkot sudah menggratiskan izin usaha mereka, tinggal nanti kita coba bantu memasarkan produk-produknya," katanyalagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kota (PMK), Zainuddin, menjelaskan bahwa langkah konkret untuk mendorong UMKM di kota ini adalah menambah sentra pemasaran produk dari UMKM binaannya.

"Sekarang kita telah memiliki dua sentra pemasaran untuk UMKM, target kami tahun ini ada lima gerai," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya memperbanyak UMKM binaannya agar memilki izin usaha agar mereka lebih mudah dalam memasarkan barang-barang olahannya.

"Saat ini dari ratusan UMKM binaan kita yang sudah memilki surat izin sekitar 40 usaha dan sejauh ini kami terus menjual produk-produk mereka melalui gerai-gerai yang ada serta hotel-hotel dan swalayan," ujarnya.