PPNI Lampung: Kejujuran masyarakat penting untuk cegah nakes tertular COVID-19

id Corona Lampung, kejujuran pasien, tenaga kesehatan lampung

PPNI Lampung: Kejujuran masyarakat penting untuk cegah nakes tertular COVID-19

Ilustrasi- Tenaga kesehatan tengah melakukan kegiatan tes cepat di Provinsi Lampung. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Lampung mengatakan bahwa kejujuran masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah tenaga kesehatan terpapar COVID-19. 

"Peran serta masyarakat dengan berkata jujur dapat menjaga tenaga kesehatan, termasuk perawat terpapar dari COVID-19, sangatlah diperlukan," ujar Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung Dedi Aprizal, saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa. 

Menurutnya, banyak ditemukan kendala dan risiko bagi perawat dalam melakukan pelayanan di tengah pandemi COVID-19. 

"Kendala dan risiko bagi perawat saat melakukan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19 digaris terdepan ialah adanya pasien yang tidak menunjukkan gejala spesifik serta ketidakjujuran pasien," ucapnya. 

Ia mengatakan, ketidakjujuran pasien atas riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 masih terjadi di tengah masyarakat, sehingga perlu peran serta masyarakat untuk mengatasi persoalan ini. 

"Keberhasilan pengendalian COVID-19 perlu peran serta masyarakat, " katanya. 

Hal serupa juga dikatakan oleh salah seorang tenaga kesehatan di Provinsi Lampung, Hana. 

"Kejujuran pasien penting bagi kami, agar penanganan dapat dilakukan dengan baik, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujarnya. 

Menurutnya, sinergitas antara masyarakat  tenaga kesehatan, dan pemerintah dapat menjadi faktor kunci untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.