Pakan udang produksi Perum Perindo tebar perdana di tambak udang Bratasena

id perum perindo, pt pertamina, bratasena, tambak udang, pakan udang

Pakan udang produksi Perum Perindo tebar perdana di tambak udang Bratasena

Panen udang di tambak udang Bratasena, Tulangbawang (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pakan udang dan ikan produksi Perum Perindo ditebar perdana di lokasi tambak udang Bratasena,  Tulangbawang yang dapat meningkatkan kualitas maupun produksi komoditas tersebut. 

"Pakan ikan dan udang tersebut merupakan hasil produksi pabrik milik Perum Perindo yang pada pertengahan Juli 2020 lalu diresmikan pengoperasiannya," kata  Direkur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto, dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung,  Minggu. 

Ia menyebutkan  dengan penebaran pakan hasil produksi Perum Perindo, diharapkan dapat meningkatkan kualitas udang maupun hasil produksi sesuai yang diharapkan. 

“Kandungan protein 32 persen dan harga yang terjangkau yang ada di brand pakan ikan dan udang Perum Perindo bernama Muara, diyakini mampu berkompetisi dengan produk pakan lokal lainnya,” katanya. 

Ia mengatakan sertifikasi petambak ini merupakan pertama kali di Bratasena sebagai harapan untuk meningkatkan kompetensi, memenuhi standard CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), para mitra petambak lebih profesional, terlatih dan diharapkan dapat meningkatkan jaminan mutu kualitas hasil panen udang. 

"Kerja sama antara Perum Perindo dengan PT Pertamina (Persero) ini merupakan wujud BUMN sebagai agen pembangunan untuk Indonesia atau BUMN untuk Indonesia,” jelasnya.

Hal senanda disampaikan VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, yang turut hadir dalam penyerahan sertifikat jaminan bagi mitra binaan petambak yang telah menyelesaikan pinjaman porgram kemitraan.

"Alhamdulillah sebagian mitra binaan sudah bisa menyelesaikan pinjaman kemitraan, harapannya kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama untuk mendukung peningkatan kapabilitas petambak yang telah mengikuti program sertifikasi, dan mendapatkan dukungan permodalan sehingga  upaya-upaya ini dapat memberikan nilai tambah menghasilkan produk tambak yang lebih baik," jelas Arya.

Ia mengharapkan sektor perikanan darat ini turut berkontribusi menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat lokal di Bratasena pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya.