Pemprov Lampung sosialisasikan Pergub tentang Pedoman Adaptasi Baru

id pergub lampung, pergub nomor 45, wagub lampung, covid-19

Pemprov Lampung sosialisasikan Pergub tentang Pedoman Adaptasi Baru

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim pada sosialisasi Pergub Nomor 45 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Provinsi Lampung. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung menyosialisasikan Peraturan Gubernur (Pergub)  Lampung Nomor 45 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Provinsi Lampung.

"Pada masa pandemi masyarakat Indonesia diharuskan hidup dengan tatanan hidup baru, dan dapat berdampingan dengan COVID-19," kata Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim,  pada sosialisasi Pergub Lampung di Bandarlampung, Selasa. 

Baca juga: Pemprov Lampung perkenalkan digital banking kepada masyarakat

Ia menyebutkan adaptasi kebiasaan baru artinya kembalinya aktivitas dengan tatanan baru atau kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan.

Menurutnya pelaksanaan aktivitas pada era adaptasi kebiasaan baru dengan melaksanakan protokol kesehatan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap aktivitas kegiatan menggunakan protokol kesehatan sehingga tidak menimbulkan kasus baru.

"Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan kasus pada era adaptasi kebiasaan baru adalah protokol kesehatan belum dilaksanakan dengan baik di masyarakat," katanya. 

Baca juga: Pemprov Lampung siapkan ruang dan sarana bagi pelaku ekonomi kreatif

Nunik panggilan akrab Wagub Lampung itu mengatakan bahwa disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci penting dalam pengendalian penyebaran virus COVID-19.

Ia menjelaskan pelaksanaan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kegiatan publik merupakan hal yang sangat penting dilakukan namun sangat sulit dilakukan karena ini terkait dengan perilaku. 

"Perubahan perilaku memerlukan waktu dan usaha yang cukup masif agar dapat terbiasa dengan perilaku yang baru yaitu berdampingan dengan protokol kesehatan," tambahnya. 

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, serta prjabat pemerintah di lingkungan Pemprov Lampung. 

Baca juga: Kasus COVID-19 meningkat, Pemprov Lampung kembali perketat penerapan protokol kesehatan