Spezia pertama kalinya raih tiket promosi ke Serie A Liga Italia

id spezia,liga italia,seriea,frosinone

Spezia pertama kalinya raih tiket promosi ke Serie A Liga Italia

Logo Liga Serie A Italia. ANTARA/REUTERS/FLAVIO LO SCALZO/FILE PHOTO

Spezia berhak meraih tiket promosi lewat posisi klasemen
Jakarta (ANTARA) - Spezia untuk pertama kalinya meraih tiket promosi ke Liga Italia Serie A kendati kalah 0-1 melawan Frosinone dalam laga kedua final fase playoff di markasnya sendiri di Stadion Alberto Picco pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kekalahan itu membuat skor agregat imbang 1-1, lantaran empat hari sebelumnya Spezia juga menang 1-0 di markas Frosinone.

Kendati demikian, aturan yang berlaku di fase playoff tersebut adalah jika skor berakhir imbang maka tim yang finis di urutan lebih tinggi berhak meraih tiket promosi, demikian lansiran laman resmi Serie B.
Baca juga: Cagliari konfirmasi 4 pemainnya positif COVID-19


Dengan demikian, Spezia yang finis di urutan ketika klasemen akhir Serie B dengan koleksi 61 poin berhasil memperoleh tiket promosi ke Serie A untuk pertama kalinya dalam sejarah 114 tahun klub itu berdiri.

Sedangkan Frosinone, yang kini ditangani oleh mantan bek ikonik tim nasional Italia Alessandro Nesta, harus berjuang semusim lagi di Serie B untuk mencari kesempatan ketiga kalinya promosi ke kasta tertinggi.

Pemain sayap Andrea Beghetto berpeluang untuk membawa Frosinone unggul pada menit ke-12, tetapi tembakannya masih membentur tiang gawang dan skor nirgol bertahan hingga turun minum.

Baru pada menit ke-61 Marcus Rohden bisa memecahkan kebuntuan untuk membuka keunggulan Frosinone lewat tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti.
Baca juga: Klasemen akhir Liga Italia, Juventus juara


Gol itu membuat tim besutan Vincenzo Italiano memilih langkah pragmatis dan bermain bertahan demi menghalau peluang Frosinone mencetak gol kedua serta merebut tiket promosi.

Strategi itu terbukti mujarab sebab skor 1-0 tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi dan Spezia berhak meraih tiket promosi lewat posisi klasemen.

Dengan demikian, Spezia berhak menyusul Benevento dan Crotone untuk tampil di kasta tertinggi musim 2020/21 yang sedianya mulai bergulir pada 19 September mendatang.