Bordeaux dan Nantes buka musim baru Ligue 1 Prancis Sabtu dini hari

id liga prancis,ligue1,bordeaux,nantes,jadwal liga prancis,psg,lyon,marseille,saint etienne

Bordeaux dan Nantes buka musim baru Ligue 1 Prancis Sabtu dini hari

Ilustrasi logo baru Ligue 1 Liga Prancis yang mulai digunakan untuk musim 2020/21. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Bordeaux dan Nantes yang secara berurutan finis di urutan ke-12 dan ke-13 musim lalu
Jakarta (ANTARA) - Gelaran Ligue 1 musim 2020/21 akan resmi bergulir pada Jumat waktu setempat (Sabtu dini hari WIB) ketika Bordeaux dan Nantes bertemu dalam laga pembuka musim baru kasta tertinggi sepak bola di Prancis tersebut.

Bordeaux akan menjamu Nantes di Stadion Matmut Atlantique dalam laga pembuka tersebut, sebab temuan empat kasus positif COVID-19 di skuat Marseille membuat laga mereka kontra AS Saint-Etienne ditunda ke bulan depan.



Dengan demikian, Bordeaux dan Nantes yang secara berurutan finis di urutan ke-12 dan ke-13 musim lalu, berpeluang untuk membuka musim dengan menduduki puncak klasemen jika berhasil merebut tiga poin.

Nantes lebih aktif dalam bursa transfer jelang pembuka musim setelah merekrut gelandang Pedro Chirivella dan Jean-Charles Castelletto secara cuma-cuma dari Liverpool dan Brest, serta membeli sayap Levante, Moses Simon.

Kehadiran Chirivella dan Simon mungkin akan menghadirkan kreasi serangan baru di kubu besutan Christian Gourcuff tersebut.
Baca juga: Daftar juara Piala Liga Prancis



Kendati demikian, bukan berarti Bordeaux yang sejauh ini belum merekrut pemain baru di bursa transfer akan praktis kesulitan membuka musim, mengingat mereka masih punya sosok andalan Nicolas de Preville, Jimmy Briand, Hwang Ui-jo serta Yacine Adli di skuatnya.

Rangkaian pekan pembuka berlanjut dengan dua pertandingan pada Sabtu (22/8) malam hingga Minggu (23/8) dini hari WIB ketika Dijon menjamu Angers dan Rennes bertandang ke markas Lille.

Manajer Lille, Christophe Galtier, kemungkinan bersiap mengawali musim tanpa bek tengah Gabriel yang dikabarkan tengah dalam perjalanan hijrah ke London untuk bergabung dengan Arsenal.

Empat pertandingan lain akan dimainkan pada Minggu (23/8) malam WIB, termasuk AS Monaco menjamu Reims di Stadion Louis II yang bakal menjadi panggung debut Niko Kovac menangani kubu Les Monegasques.

Sementara itu, juara bertahan Paris Saint-Germain baru akan main di pekan kedua sebab laga pembuka mereka kontra Metz ditunda ke bulan depan karena Le Parisien harus tampil di final Liga Champions menghadapi Bayern Muenchen di Lisbon, Portugal, pada Minggu (23/8) waktu setempat (Senin WIB).

Baca juga: PSG juara Piala Liga Prancis setelah menang adu penalti


Berikut jadwal rangkaian pertandingan pekan pembuka Liga Prancis (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (22/8) dini hari
00.00 Bordeaux vs Nantes

Sabtu (22/8) malam s.d. Minggu (23/8) dini hari
22.00 Dijon vs Angers
02.00 Lille vs Rennes

Minggu (23/8) malam
18.00 AS Monaco vs Reims
20.00 Lorient vs Strasbourg
20.00 Nimes vs Brest
22.00 OGC Nice vs RC Lens

Laga tunda Rabu (16/9) dini hari
02.00 Montpellier vs Olympique Lyon

Laga tunda Kamis (17/9) dini hari
02.00 Paris Saint-Germain vs Metz

Laga tunda Jumat (18/9) dini hari
02.00 Marseille vs AS Saint-Etienne