Ratusan mobil model terbaru dipamerkan secara luring di CCIA Wuhan

id pameran mobil di Wuhan, pameran otomotif di Wuhan,industri otomotif di Wuhan,industri otomotif China, penjualan mobil di

Ratusan mobil model terbaru dipamerkan secara luring di CCIA Wuhan

Para pengunjung memadati arena pameran otomotif internasional di Wuhan, China, pada Kamis (13/8/2020). Pameran berskala besar tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar secara luring sejak status "lockdown" di Ibu Kota Provinsi Hubei itu dicabut pada 8 April 2020. (ANTARA/HO-PD/mii)

Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 800 mobil model baru dipamerkan di Central China International Autoshow (CCIA) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Pameran yang berlangsung selama lima hari mulai Kamis (13/8) itu diikuti sekitar 60 merek otomotif, baik dari dalam maupun luar China.

Ini merupakan pameran berskala besar secara luring pertama sejak status lockdown selama 76 hari di Wuhan dicabut pada 8 April 2020, demikian komentar media setempat, Selasa.

Untuk mencegah penularan COVID-19, para tamu dan peserta pameran diwajibkan menggunakan tiket elektronik dan diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki arena pameran.

Semua kendaraan dan perangkat pendukung otomotif lainnya yang dipamerkan disemprot dengan cairan disinfektan setiap dua jam sekali.

Otomotif merupakan salah satu pilar utama industri di Wuhan. Pada 2010, sektor tersebut telah menghasilkan 100 miliar yuan atau sekitar Rp50,3 triliun.

Pencapaian itu melampaui industri baja yang sebelumnya memberikan kontribusi ekonomi terbesar di kota tempat pertama kali COVID-19 mewabah.

Sembilan tahun kemudian, sektor otomotif terus bertahan di posisi pertama penyumbang pendapatan bagi kota yang berada di wilayah China tengah itu.

Pada 2019 produksi mobil di Wuhan telah mencapai angka 1,55 juta unit, salah satu yang tertinggi dalam produksi mobil di China.

Volume penjualan mobil dan kendaraan bermotor lainnya terkena dampak COVID-19. Ajang CCIA itulah salah satu upaya memulihkan penjualan mobil sekaligus meningkatkan produksinya. 

Baca juga: SUV listrik Skoda Volkswagen debut dunia 1 September
Baca juga: Volvo rugi Rp1,6 triliun akibat pandemi COVID-19
Baca juga: Hyundai tarik 272 ribu mobil karena masalah soket listrik dashboard