UCLG ASPAC : Peran Pemda penting dalam agenda pembangunan berkelanjutan

id Bandarlampung,Unila,UCLG,ASPAC

UCLG ASPAC : Peran Pemda penting dalam agenda pembangunan berkelanjutan

Workshop Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk wilayah Kota Bandarlampung bersama SDGs Unila dan Pemkot serta UCLG ASPAC melalui aplikasi zoom. Rabu. (12/8/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) adalah agenda pembangunan global untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan, kata Bernadia
Bandarlampung (ANTARA) - United Cities and Local Government Asia-Pacific (UCLG ASPAC) menyebutkan bahwa peran pemerintah daerah sangat penting dalam melaksanakan agenda pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

"Tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) adalah agenda pembangunan global untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan,” kata Sekjen UCLG ASPAC Bernadia Irawati Tjandradewi, di Bandarlampung, Rabu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekjen UCLG ASPAC saat Workshop Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk wilayah Kota Bandarlampung bersama SDGs Unila dan Pemkot melalui aplikasi zoom.



Menurutnya, Pemerintah Kota Bandarlampung memiliki peran signifikan dalam pelaksanaan dan rapor TPB di Provinsi Lampung.

Pada pelaksanaannya Bappeda Kota Bandarlampung sebagai leading sector menjadi koordinator perencanaan sekaligus mengawal semua kegiatan pembangunan yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Salah satu strategi untuk memastikan seluruh agenda berjalan dengan baik adalah melalui kegiatan monitoring dan evaluasi. Akademisi adalah pihak yang memiliki kapasitas dan kompetensi untuk melakukan kegiatan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Direktur SDGs Center Unila Dr Unang Mulkhan menyambut baik kerja sama  dalam rangka akselerasi pelaksanaan dan rekomendasi TPB dengan UCLG ASPAC.

Ia mengatakan akademisi sebagai salah satu mitra pemerintah akan berkontribusi semaksimal mungkin sesuai bidang dan fungsinya dalam membantu pemerintah melaksanakan dan memastikan target serta indikator TPB tercapai.

"Kami berharap penyelenggaraan lokakarya TPB ini akan membantu Kota Bandarlampung, untuk mempelajari perkembangan pelaksanaan TPB sesuai target dan indikator yang sudah disusun dalam dokumen Rencana Aksi Daerah,” katanya.

Meskipun, kata dia, saat ini kota Bandarlampung dalam memantau perkembangan pelaksanaan TPB telah sesuai target dan indikator yang sudah disusun dalam dokumen Rencana Aksi Daerah.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar