Dorong pengembangan SDM UMKM Lampung, Kemenkop gelar pelatihan terpadu

id UMKM Lampung, kementerian koperasi, ekonomi lampung

Dorong pengembangan SDM UMKM Lampung, Kemenkop gelar pelatihan terpadu

Asdep Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Nasrun Siagian, di Bandarlampung, Rabu 5/8/2020, (ANTARA/HO-Kemenkop)

Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia mendorong pengembangan pelaku UMKM Lampung, melalui pelatihan terpadu. 

"Hari ini kami melakukan pelatihan terpadu bagi pelaku UMKM untuk kembali mendorong sumber daya manusia di bidang UMKM yang sempat terdampak pandemi COVID-19," ujar Asdep Pengembangan Kewirausahaan, Nasrun Siagian, di Bandarlampung, Rabu. 

Ia menjelaskan, terdapat 230 pelaku UMKM Lampung yang menjalani tujuh jenis pelatihan, untuk mendorong pengembangan SDM di bidang koperasi dan UMKM.

"Ada 230 pelaku UMKM yang dilatih hari ini dan diharapkan memberikan hasil yang baik agar UMKM eksis, naik kelas, dan Go Digital," katanya. 

Ia mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun Call Center Kementerian Koperasi dan UKM hingga bulan Juni 2020, terdapat beberapa masalah yang dialami oleh pelaku UMKM, yakni penurunan penjualan sebanyak 22 persen, distribusi terhambat sebesar 20 persen, dan permodalan sebesar 19 persen. 

"Terdapat beberapa kendala bagi pelaku UMKM dan Koperasi sehingga pemerintah mendorong pemulihan melalui pelatihan dan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," katanya. 

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Indra AA Minpaduka. 

"Adanya pelatihan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor UMKM Lampung sangatlah membantu dalam memulihkan kembali sektor UMKM di Provinsi Lampung akibat adanya pandemi COVID-19," katanya. 

Menurutnya, dengan adanya program pemulihan ekonomi dan pelatihan bagi pelaku UMKM pemulihan ekonomi dapat terjadi dengan cepat.