Tutup Operasi Patuh Krakatau, pengemudi lakukan tes cepat gratis

id polresta bandarlampung, rapid test pengemudi, satlantas, operasi patuh krakatau, covid-19

Tutup Operasi Patuh Krakatau, pengemudi lakukan tes cepat gratis

Pengemudi lakukan rapid test (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Puluhan pengendara yang melintas di jalan protokol Kota Bandarlampung melakukan tes cepat gratis sebagai rangkaian penutupan Operasi Patuh Krakatau 2020.

"Sebanyak 60 alat rapid test disiapkan yang diperoleh atas dukungan Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung," kata Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Yan Budi, di Bandarlampung,  Rabu. 

Ia menyebutkan, penyelenggaraan tes cepat secara gratis ini menjadi rangkaian penutupan Operasi Patuh  Krakatau 2020 yang diinisiasi oleh Satuan Lalu Lintas Polresta Bandarlampung.

Menurutnya,  "rapid test drive thru" ini kali pertama dilakukan di Provinsi Lampung, sebagai upaya menggugah masyarakat untuk pencegahan penularan COVID-19, dan kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga kesehatan serta mengetahui seberapa besar penyebaran virus corona jenis baru tersebut.

Sementara itu, tes cepat yang telah di keluarkan oleh Pemkot Bandarlampung mencapai 12 ribu lebih, dan yang terbanyak diminta oleh pihak penyelenggaraan pemilihan umum.

Kasat lantas Polresta Bandarlampung  AKP Rafli Yusuf Nugraha menjelaskan selama operasi patuh kegiatan yang telah di lakukan patroli hoverboard di mal.

Selain itu,  Satlantas berbagi sembako dan alat pelindung diri,serta penyuluhan dan kampanye keselamatan berlalu lintas melalui patroli.

"Untuk rapid test dilakukan secara drive thru sebagai bentuk bakti sosial. Selain itu juga sebagai deteksi dini agar masyarakat tidak terinfeksi COVID-19," jelasnya.

Rafly menjelaskan oeserta rapid test diberi surat keterangan. Kemudian ada juga surat pernyataan bersedia menjalani swab test jika hasilnya reaktif.


"Hasilnya non reaktif semua," kata Rafli.


Ia meminta  masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 dan menjaga ketertiban berlalu lintas.