Gubernur Lampung targetkan peringkat delapan PON Papua

id target pon papua, peringkat delapan, koni lampung, cabor olahraga

Gubernur Lampung targetkan peringkat delapan PON Papua

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (kiri) menyaksikan penyerahan bendera pada pencanangan Pelatprov atlet PON Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, menargetkan daerah setempat peringkat delapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. 

"Saya minta agar Lampung bukan hanya di peringkat 10 besar tetapi delapan besar, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 yang akan berlangsung di Papua," kata Arinal pada pencanangan, Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) atlet PON Lampung, di Mahan Agung Gubernur, Bandarlampung,  Rabu. 

Ia meminta target tersebut dapat terealisasi pada PON mendatang mengingat Lampung memiliki atlet mumpuni serta cabang olahraga unggulan. 

Cabang angkat besi dan angkat berat lanjutnya, merupakan cabor unggulan Lampung dan atletnya tak hanya berprestasi di tingkat nasional,  tapi juga internasional. 

"Beberapa cabor lainnya juga cukup jadi unggulan Lampung untuk meraih medali di PON mendatang, " ujarnya. 

Ia juga mengatakan, masalah anggaran pemerintah sangat mendukung dengan menggelontorkan yang cukup besar untuk persiapan PON.

Terkait sarana dan prasarana olahraga,  Arinal menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan mengutarakan akan membangun pusat olahraga.

"Saya sudah bertemu Bapak Presiden dan meminta agar Lampung bisa dibantu dalam sarana olahraga. Bapak Presiden siap membantu dan itu bisa menjadi semangat bagi kita. Pemerintah Provinsi juga akan menyiapkan lahan yang sangat luas di  Institut Teknologi Suamtera (Itera), untuk pembangunan sport center," katanya.

Gubernur juga menambahkan, Pemprov Lampung juga telah menyerahkan satu unit mobil mini bus, sebagai bantuan untuk operasional KONI baik untuk di dalam maupun luar provinsi sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Yusuf Sulfarano Barusman menjelaskan, tujuan digelarnya pencanangan saat ini adalah sebagai bentuk keseriusan KONI dalam menghadapi PON XX di Papua tahun depan. 

Meski pelaksanaan Pelatprov atau pemusatan latihan atlet PON Lampung sendiri, sudah berjalan sejak awal tahun 2020 ini dengan memusatkan para atlet di PKOR Way Halim.

"KONI berterima kasih kepada pemprov yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan KONI. Bahkan beliau juga memberikan bantuan satu unit mobil mini bus, sebagai sarana operasional kami dan itu tentunya sangat membantu,” kata Yusuf.

Pada pencanangan yang berlangsung sederhana tersebut, selain di hadiri oleh Gubernur Lampung, juga hadir Kapolda Lampung Irjenpol Purwadi Arianto, Danrem 043/Gatam Lampung Brigjen Toto Jumariono, Kadispora Lampung Hannibal dan beberapa pejabat di lingkungan Pemerintahan Provinsi Lampung , pengurus KONI dan atlet, pelatih serta pengurus cabang olahraga.
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar