Dinkes Lampung segera lakukan tes cepat di Pasar Rangai

id COVID-19,Wuhan,kasus COVID-19 di Lampung

Dinkes Lampung segera lakukan tes cepat di Pasar Rangai

Ilustrasi- Salah satu pasar di Lampung Selatan (Antara Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan bahwa pemerintah setempat akan segera melakukan tes cepat massal di Pasar Rangai Kabupaten Lampung Selatan.

"Untuk rapid test massal kita akan melakukannya pada Jumat (7/8) di Pasar Rangai," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Selasa.

Selain itu, Ia juga menyebutkan bahwa tes cepat secara massal juga akan dilakukan di Pasar Unit II Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung.

"Jadi sebelumnya kita ada ada empat wilayah yang akan menjalani tes cepat massal yakni Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Tengah, Pesawaran dan Lampung Selatan, sekarang ada tambahan satu daerah Tulangbawang," kata dia.

Reihana menyebutkan bahwa dari kelima wilayah tersebut yang sudah dilakukan rapid test massal yakni Kabupaten Lampung Tengah dan Pesawaran. Sementara Kabupaten Lampung Selatan dan Tulangbawang akan segera dilaksanakan karena mereka telah mengajukannya.

Sedangkan untuk Kota Bandarlampung, pihaknya masih terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, namun hingga kini Pemkot Bandarlampung masih belum mengajukan untuk diadakannya tes cepat secara massal.

"Jadi dari tes cepat massal yang telah kita lakukan di Lampung Tengah ada dua orang yang reaktif namun hasil swabnya negatif, sedangkan untuk di Pesawaran kita dapatkan tiga pedagang yang reaktif dan hasil dari kesemuanya positif COVID-19," jelasnya.

Kadinkes itu juga menjelaskan dalam pelaksanaan rapid test massal di suatu daerah, pihaknya hanya akan melakukan kegiatan tersebut jika ada kabupaten/kota yang mengajukannya.

"Untuk melakukan kegiatan itu kita tetap melihat kondisi dari daerah tersebut. Namun jika memang mereka perlu diadakan tes cepat secara massal tentu kita akan siap membantu tapi bila tidak perlu, tidak juga harus mengajukannya," jelasnya.

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar